REI Dorong Pembangunan Rumah Murah Subsidi di Banten

11 bulan yang lalu Redaksi BCO 1 respond
_IMG_000000_000000

JAKARTA, BCO – DPD Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia Banten akan menjaga harga tanah  yang diperuntukkan hunian masyarakat berpenghasilan rendah.

“Dengan begitu, pembangunan rumah subsidi dapat terus berjalan,” ujar Ketua Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) DPD Banten Soelaeman Soemawinata di Jakarta, Sabtu 6 Agustus 2016.

Dia mengatakan rencana tersebut merupakan komitmen pengembang. Lantaran melihat ceruk pasar masyarakat berpenghasilan rendah mendominasi di daerah tersebut.

“Banten memiliki potensi  yang tinggi untuk menjadi pilihan masyarakat kota yang membutuhkan hunian dengan harga yang terjangkau,” tuturnya, yang kembali terpilih sebagai Ketua DPD REI Banten.

“Harga lahan di sini sudah beragam. Namun,  masih banyak yang murah misalnya dari harga Rp50.000 per meter persegi. Tanah-tanah ini yang akan kita jaga harganya supaya tidak naik dan bisa digunakan untuk hunian MBR,” kata Soelaeman.

Dia menjabarkan sistematika pengontrolan harga lahan nantinya akan disepakati bersama dengan ratusan pengembang yang tergabung dalam REI Banten. Langkah ini pun mendapat apresiasi yang baik dari pemerintah daerah setempat.

Menurut Soelaeman setelah wilayah Banten terbangun dengan banyak hunian MBR maka pembangunan komersial selanjutnya pun akan lebih mudah dan menguntungkan.

“Banten akan menjadi kota yang interdepedensi atau saling menjaga ketergantungan dengan wilayah di sekitarnya,” katanya.

Dia menambahkam untuk itu, REI Banten berharap pemerintah dapat membantu dengan melaksanakan kewajiban sebagai aparatur negara. Ada dua tugas utama pemerintah dalam hal ini.

Pertama, membuat berbagai kebijakan yang mendukung seperti perizinan, tata ruang wilayah, dan sejenisnya. Kedua, menyediakan infrastruktur utama untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses Banten dari wilayah mana saja tidak hanya Jakarta.

“Infrastruktur utama itu tidak hanya jalur kereta api, tetapi jalan tol atau jalan besar menuju Bogor, Jakarta dan sekitarnya.”

Idealnya, kata Soelaiman, satu wilayah yang sudah dihuni paling tidak 60% MBR. “Masyarakat inilah yang akan menjaga perputaran ekonomi daerah,” katanya.

Sementara itu, REI Banten,  tahun ini menargetkan pasokan hingga 10.000 unit untuk MBR. (*)

Sumber: bisnis.com

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
prev-next.jpg

PHRI Banten Desak Pemerintah Keluarkan Aturan Larang Truk Industri Beroperasi di Jalur Wisata di Sabtu dan Minggu

IMG_20160807_125701071

Provinsi Banten Sabet Juara Umum MTQ Nasional XXVI

Related posts
Leave a Reply