Usai MTQ, Walikota Akan Fokus ke LPTQ Soal Pembinaan Generasi Qurani

5 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG-20170228-WA0015

CILEGON, BCO - Pembukaan MTQ ke 16 tingkat Kota Cilegon telah dilaksanakan di halaman Masjid As-Syuhada, Lingkungan BBS 3, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Selasa 28 Februari 2017 malam.

Usai perhelatan MTQ ke 16 Kota Cilegon ini, Walikota Cilegon, Dr Tb Iman Ariyadi akan segera melakukan evaluasi. Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) selaku penyelenggara MTQ sebagai ajang perlombaan, kata Dr Tb Iman, ke depan harus juga fokus terhadap program pembinaan, pengkajian, serta memasyarakatkan Al-Qur’an sebagaimana tugas pokok dari LPTQ tersebut.

“LPTQ itu kan tugasnya tidak hanya menyelenggarakan MTQ. Jadi MTQ boleh sebagai ajang musabaqoh tilawatil quran, tetapi pembinaan, pengkajian, termasuk juga memasyarakatkan Al-Qur’an ini harus kita buat seperti apa?,” kata Dr Tb Iman, usai membuka acara MTQ.

Dr Tb Iman menjelaskan, untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkot Cilegon siap memberikan angggaran tambahan kepada LPTQ dalam menyukseskan program pembinaan, pengkajian, dan memasyarakatkan Al-Qur’an.

“Pemerintah secara anggaran saya siap memberikan itu, bahkan bagaimana caranya memasyarakatkan Al-Qur’an. Saya berpikir Cilegon kalau perlu setiap Rw, misalkan pak Rw itu keliling setiap rumah, engga boleh itu misalkan masyarakat Cilegon itu nonton TV dari maghrib sampai jam 7 (malam), mereka anak-anaknya suruh membaca Al-Qur’an semua. Ini harus ada pola seperti ini, karena secara jujur memang ini harus lahir dari rumah kita masing-masing, para orang tuanya, kenapa ini harus saya lakukan, saya ingin ke depan Cilegon 30 tahun dan seterusnya harus punya anak-anak kita mencintai Al-Qur’an, kalau tidak dilakukan sejak dini itu repot urusannya,” jelasnya.

Selain itu, Dr Tb Iman menuturkan, selain memberikan anggaran kepada LPTQ untuk mewujudkan pembinaan, pengkajian dan memasyarakatkan Al-Qur’an, Pemkot Cilegon juga akan memberikan pola dan formulasi dengan program yang akan mengajak masyarakat Kota Cilegon terutama kepada peranan para orang tua untuk menerapkan budaya mengaji pada anak-anaknya sejak usia dini.

“Ini kan harus ada monitoring, nanti kita merumuskan dengan MUI, Kementerian Agama, LPTQ, gimana memasyarakatkan Al-Qur’an ini seperti apa polanya. Jadi bukan lagi hanya soal MTQ, pembinaan, pengkajian dan memasyarakatkan Al-Qur’an itu seperti apa. Nanti saya akan diskusi memberikan formulasinya seperti apa ini, gimana caranya supaya rumah-rumah kita ini masing-masing masyarakat Cilegon memberikan kesadaran anaknya ngaji dari maghrib sampai isya, engga boleh itu nonton tv. Ini sudah bahaya sekarang, teknologi misalnya, orang lebih senang sekarang membuka handphone, main gadget, dibandingkan dengan membaca Al-Qur’an. Nah ini lampu kuning sebetulnya, kalau mau kita evaluasi lampu kuning, kita ingin sebetulnya mendobrak hal-hal yang demikian. Oleh karena itu, pemerintah, saya sebagai walikota secara kebijakan dan anggaran saya siap mendorong itu, tinggal kita merumuskan kebijakannya seperti apa. Saya siap menyiapkan anggaran, tinggal formulasinya seperti apa, misalkan apakah ada program Cilegon maghrib mengaji, cuma kan harus diperiksa nih satu-satu, harus di ingatkan juga, harus dimulai dari orang tuanya,” tuturnya.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua LPTQ Kota Cilegon, Sari Suryati mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti dalam hal ini peranan LPTQ dalam pembinaan, pengkajian, serta memasyarakatkan Al-Qur’an, dengan konsep dan mekanisme yang akan diterapkan oleh Pemkot Cilegon.

“Jadi bukan hanya MTQ, tetapi bagaimana pembinaan dan peranan LPTQ. Nah ini yang akan kita lakukan. Kita akan buat konsep, sebuah mekanisme dan kita akan segera menindaklanjuti setelah selesai MTQ ini. Saya yakin dari kualitas, kita akan membangun prestasi terlebih dahulu, walaupun tertunda sedikit tentang prestise. Tetapi mudah-mudahan satu tahun ini akan bergerak, prestasi dan prestise akan kita raih,” kata Sekda Kota Cilegon ini. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Walikota Cilegon, Dr Tb Iman Ariyadi Foto Bersama Dengan Para Dewan Hakim MTQ ke 16 Kota Cilegon

MTQ Kota Cilegon, Walikota Larang Peserta ‘Cabutan’

IMG_20170301_184319

Keluhkan Banjir, Warga Kotasari Desak PT MMS

Related posts
Your comment?
Leave a Reply