Tak Hadir Saat Pemilu Saja, Parpol Harus Memberikan Pendidikan Politik

7 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
_20170312_081027

CILEGON, BCO - Sebagai pembina seluruh partai politik (parpol) yang ada di Kota Cilegon, Walikota Cilegon, Dr Tb Iman Ariyadi mengatakan, dengan perkembangan parpol yang dinamis di Indonesia yang merupakan negara yang menganut sistem multi partai, maka perlu diperkuatnya tugas parpol sebagai pilar demokrasi.

Ditemui disela kegiatannya menghadiri pelantikan DPC dan ranting serta rapimda DPD Partai Beringin Karya (Berkarya) Kota Cilegon di Bintang Laguna Cilegon, Sabtu 11 Maret 2017, Dr Tb Iman mengatakan, salah satu tugas parpol adalah memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Saya kira karena ini kehidupan demokrasi bahwa pasti akan tumbuh partai-partai politik baru, dan itu merupakan sistem politik kita di Indonesia, bahwa sistem politik kita kan menganut sistem multi partai. Kita harapkan dengan tumbuhnya partai politik akan semakin banyak elemen-elemen yang akan berpikir pada kemajuan Indonesia dan kemajuan daerah. Saya kira tugas partai politik dalam sistem partai politik moderen itu adalah salah satunya (memberikan) pendidikan politik (kepada masyarakat),” kata Dr Tb Iman yang juga merupakan Ketua Umum DPD II Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Cilegon.

Semakin berkembang dan bermunculan parpol baru ditengah menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap partai politik, Dr Tb Iman yang juga politisi Partai Golkar yang pernah duduk sebagai anggota DPR RI ini menuturkan untuk dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap parpol perlu dilakukan beberapa hal di antaranya adalah setiap parpol harus dapat memperjuangkan, mendengarkan, serta merespon aspirasi rakyat.

“Jadi kehadiran partai tidak hanya menjelang pemilu legislatif atau pemilukada, tetapi lebih pada bagaimana melakukan, mengagregasi kepentingan rakyat, misalnya ada kepentingan-kepentingan masyarakat yang perlu direspon, itu salah satu tugas partai politik. Jadi kalau partai politik bisa melakukan mediasi kepada masyarakat, Insya Allah akan adil sebagai partai politik yang dicintai oleh masyarakat. Tetapi kalau partai politik itu hanya hadir pada saat-saat menjelang pemilu legislatif atau pemilukada, tentu kepercayaan publik, masyarakat akan menurun. Yang kedua adalah soal hindari soal-soal misalkan hari ini masalah korupsi, korupsi bisa menyebabkan krisis kepercayaan masyarakat terhadap partai politik saya kira itu menjadi bagian yang sangat penting untuk dijaga oleh partai politik,” tutur Dr Tb Iman.

Ketika ditanya awak media terkait dinamika yang sering terjadi dalam parpol terutama dengan sering berpindahnya kader dari satu parpol ke parpol lainnya, Dr Tb Iman mengatakan, dinamika tersebut merupakan hal yang biasa terjadi, namun dirinya berpesan agar tujuan dari parpol tetap sama untuk selalu mengedepankan kepentingan rakyat.

“Yah biasalah. Kalau ibaratkan partai politik ini kan kaya main (sepak) bola, kadang-kadang main di Barcelona dia bisa pindah ke Real Madrid itu biasa. Engga ada masalah kok, dan semuanya sama, dan orientasi partai politik sama untuk masyarakat, engga ada yang lain. Bukan persaingan, sama-sama berupaya, berikhtiar untuk merebut hati rakyat. Soal pilihan ini kan masyarakat sudah terlatih, sudah biasa menghadapi pemilihan legislatif, semuanya diserahkan kepada masyarakat. Masyarakat diberikan kebebasan untuk memilih partai mana saja yang masyarakat kehendaki sesuai dengan keyakinan masyarakat terhadap partai politik itu,” katanya.

Sebagai Walikota Cilegon, Dr Tb Iman berharap kedepannya​ seluruh parpol yang ada di Kota Cilegon dapat bersama-sama dalam membangun dan menyejahterakan masyarakat Kota Cilegon.

“Saya harap, sama-sama membangun masyarakat, membangun pembangunan (di Kota Cilegon), saya kira semuanya adalah merupakan mitra pemerintah dan mitra masyarakat untuk sama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG-20170311-WA0001

Lantik DPC dan Ranting, Partai Berkarya Targetkan 8 Kursi DPRD Cilegon

IMG-20170313-WA0000

Nyaman di Indie Label, Roompoet Hijau Semakin Moncer

Related posts
Your comment?
Leave a Reply