PII Banten Apresiasi Penghapusan UN oleh Mendikbud RI

12 bulan yang lalu Juki San 0 respond
Ketua Umum PW PII Banten, Angga Wijaya / Dok
Ketua Umum PW PII Banten, Angga Wijaya / Dok

SERANG, BCO - Ketua Umum Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PII) Banten mengapresiasi langkah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang mengusulkan moratorium atau penangguhan ujian nasional (UN) 2017.

“PII memang dari dulu menolak UN, ya karena banyak negatifnya. Dan Alhamdulillah saat ini Pak Muhadjir mengusulkan penangguhan UN 2017. kita sangat apresiasi hal ini,” kata Angga Wijaya kepada BCO, Senin 28 November 2016.

Angga menilai, UN sebagai standar kelulusan nasional sendiri telah menimbulkan banyak dampak negatif. Seperti banyak anak yang stress, depresi bahkan hingga bunuh diri karena anak merasa takut dan tidak siap menghadapi UN.

“Banyak pelajar yang khawatir dan stres. Kecurangan dimana-mana. Selain itu saat ini pemetaan pendidikan hanya diukur dari sisi kognitif saja, ini sangat jauh dari tujuan pendidikan itu sendiri yang bertujuan membentuk peradaban yang lebih baik,” ujarnya.

“Soal anggaran juga boros sekali, seperti pada tahun 2015 sampai Rp 560 miliar, ini kan hal yang mubadzir sebenarnya,” jelas Angga.

Angga berharap setelah langkah baik ini, pemerintah dapat menyiapkan konsep
pendidikan yang lebih baik. Pendidikan yang sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003, yaitu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. (*)

Penulis: Faruq Ibrahim

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy / Dok

Hapus UN, Mendikbud Kembalikan Evaluasi Pembelajaran Siswa Jadi Hak dan Wewenang Guru

image

Ali Fauzi Nazz Ungkap Pentolan Teroris Bersembunyi di Banten

Related posts
Your comment?
Leave a Reply