DLH Cilegon Targetkan Sekolah Adiwiyata Tahun Ini Bertambah

3 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG20170522111948

CILEGON, BCO - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon terus konsisten dalam menjaga lingkungan hidup, salah satunya melalui program Sekolah Adiwiyata, yaitu sekolah tempat yang baik memberikan kenyamanan dan layak untuk seluruh warga sekolah. Dimana ada 4 indikator yang harus memenuhi dalam persyaratan Sekolah Adiwiyata yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, kebijakan kurikulum yang berbasis lingkungan, kegiatan yang berbasis partisipatif, serta sarana dan prasarana yang ramah lingkungan.

Jelang Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni, demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam yang merupakan instrumen penting untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan. Kepala DLH Kota Cilegon, Ujang Iing mengatakan pada tahun 2017 ini targetkan Sekolah Adiwiyata bertambah.

“Sesuai dengan rencana kerja di DLH, untuk Adiwiyata (sekolah), kita sudah bina dan kita sudah arahkan sesuai dengan arahan dari kementerian (Lingkungan Hidup). Kita juga telah mengadakan kegiatan sosialisasi kepada sekolah yang telah meraih predikat Adiwiyata. Mudah-mudahan di 2017 peringkat Adiwiyata kita akan jauh lebih baik dan bisa terus bertambah sekolah yang meraih predikat Adiwiyata baik tingkat kota/kabupaten, provinsi, bahkan ke nasional,” kata Ujang Iing yang ditemui di ruang kerjanya, Senin 22 Mei 2017.

Sekolah Adiwiyata yang merupakan program dari 4 kementerian yaitu Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama serta Kementerian Dalam Negeri ini ditujukan langsung kepada para siswa untuk dapat lebih peduli terhadap lingkungan sejak dini.

Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada DLH Kota Cilegon, Rina Apriani mengatakan setiap tahunnya DLH Kota Cilegon selalu melakukan sosialisasi kepada seluruh tingkat sekolah yang ada di Kota Cilegon untuk menerapkan program Sekolah Adiwiyata di tempatnya masing-masing.

“Yang pertama kita sosialisasikan kepada pihak sekolah, setelah di sosialisasikan, kalau sekolah itu ingin menerapkan program Adiwiyata, bisa langsung mengajukan kepada DLH untuk melakukan pembinaan lebih lanjut. Setelah melakukan pembinaan kepada sekolah yang berminat untuk menerapkan program Adiwiyata, baru kita berikan penilaian kelayakan Sekolah Adiwiyata yang dilakukan satu tahun sekali pada bulan Maret dan April,” katanya.

Sampai saat ini, Rina mengatakan sudah ada sebanyak 20 sekolah di Kota Cilegon yang menerapkan program Sekolah Adiwiyata yang telah mendapatkan sertifikasi, diantaranya 4 sekolah telah mendapat predikat Sekolah Adiwiyata tingkat nasional yaitu SMP YPKS, SD Al-Azhar 40, SMPN 2 Cilegon dan SMPN 7 Cilegon, serta 2 sekolah yang telah mendapat predikat Adiwiyata Mandiri yaitu SMAN 2 Cilegon dan SD 4 YPKS.

“Tahapannya ada Sekolah Adiwiyata tingkat kota, tingkat provinsi, tingkat nasional dan Adiwiyata Mandiri. Saat ini total yang telah mendapatkan sertifikat ada 20 sekolah dimana 2 sekolah yang telah mendapat predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri,” ujarnya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG_20170515_130831

Masih Promo​, 0254 Coffee Shop Sediakan Studio Foto Profesional

IMG_20170528_164548

Dermaga Kapal Cepat Dibangun, Merak-Bakau 1 Jam

Related posts
Your comment?
Leave a Reply