Adakan Kursus Bahasa Jawa Cilegon, Disparbud Lestarikan Bebasan

4 minggu yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG20171114102306

CILEGON, BCO - Menindaklanjuti hasil workshop bahasa daerah yang diadakan beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon mengadakan Kursus Bahasa Jawa Cilegon, untuk komunitas seni, siswa Sekolah Dasar dan Guru bertempat di UPT Sanggar Seni Budaya, Selasa 14 November 2017.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Disparbud Cilegon Tini Suhartini mengatakan jika kegiatan ini merupakan lanjutan dari workshop bahasa daerah yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu, dengan tujuan untuk melestarikan dan juga memperkenalkan bahasa daerah masyarakat Kota Cilegon atau yang dikenal dengan sebutan bebasan kepada generasi muda, yang diikuti oleh 87 orang peserta dari komunitas seni dan siswa serta guru sekolah dasar di Kota Cilegon.

“Lanjutan workshop kemarin, kita memberikan beberapa teori dan juga praktik beberapa kesenian dengan dasar dari bahasa daerah, kalau kesenian yang kaitannya dengan bahasa seperti itu yaitu ubrug, permainan anak juga ada menggunakan lantunan bahasa daerah. Kami mengadakan kursus untuk anak SD didampingi gurunya. Kami juga meminta khususnya keoada pihak guru, tentang bagaimana tanggapannya tentang bagaimana melestarikan budaya daerah,” kata Tini.

Selain itu, kedepan Tini juga mengatakan pihak Disparbud Kota Cilegon akan terus mendorong kepada Dinas Pendidikan Kota Cilegon untuk menjadikan bahasa daerah (bebasan) masyarakat Kota Cilegon ini menjadi muatan lokal (mulok) disetiap sekolah.
“Kedepan kita akan mendorong ke Dinas Pendidikan agar segera memulokkan bahasa Jawa Cilegon ini di satuan pendidikan sekolah dasar. Untuk perwalnya (bahasa daerah) sudah kami susun dan sudah di proses oleh bagian hukum, tinggal menunggu keputusan dari Plt Walikota,” tuturnya.

IMG20171114102252

Sementara itu Sekretaris Disparbud Kota Cilegon As’ad Sukri dalam sambutannya mengatakan, sebagai masyarakat yang menetap di wilayah Provinsi Banten dan Kota Cilegon tentunya tidak asing lagi dengan istilah Bebasan, yang merupakan identitas bahasa daerah.

“Bebasan atau juga bahasa Jawa Banten atau bahasa Jawa Cilegon merupakan salah satu bentuk komunikasi masyarakat banten yang telah ada dan berkembang sebagai bentuk komunikasi di masyarakat,” katanya

As’ad juga mengatakan, Disparbud sebagai OPD yang membidangi kebudayaan tengah berupaya mengembangkan dan melestarikan bahasa Jawa Cilegon, dimana salah satunya mengadakan kegiatan kursus ini. Selain itu, pihak Disparbud Kota Cilegon juga akan mendorong Peraturan Walikota (Perwal) tentang pelestarian dan penggunaan bahasa Jawa Cilegon.

“Kami akan terus berupaya mendorong pengembangan dan pelestarian bahasa Jawa Cilegon. Disparbud juga akan mendorong penyusunan Perwal tentang penggunaan, pengembangan dan pemeliharaan bahasa Jawa Cilegon,” ungkapnya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG20171115105254

Tinjau Kendaraan Operasional Yang Dikembalikan DPRD, Plt Walikota: Yang Belum Harus Segera Dikembalikan

IMG20171116092944

Peringati HUT ke 72, PGRI Akan Dibuatkan Gedung Sekretariat

Related posts
Your comment?
Leave a Reply