Tingkatkan Produk UMKM, Kelurahan Kotabumi Gandeng Piwku Promosikan Produk

2 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG-20171011-WA0007

CILEGON, BCO - Guna mengembangkan dan meningkatkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM), Kelurahan Kotabumi gandeng Pusat Inkubator Wirausaha dan Klinik UKM (PIWKU) Kota Cilegon mengadakan pembinaan kepada 20 UMKM yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Kotabumi, Rabu 11 Oktober 2017.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Kotabumi, Fitriyah Rizky mengatakan dari 30 UMKM yang ada di lingkungan Kelurahan Kotabumi, baru 20 yang diikut sertakan dalam pembinaan yang dihadiri langsung oleh Direktur PIWKU Kota Cilegon, Laura Irawati.

“Pembinaan UMKM untuk peningkatan produk, sehingga dapat bersaing dengan produk yang lain. Selain itu juga untuk meningkatkan motivasi wirausaha para pelaku usaha di Kelurahan Kotabumi,” kata Fitriyah saat ditemui disela kegiatan.

Selain itu, Fitri menuturkan sejauh ini sudah terbentuk 4 kelompok usaha bersama (Kube) di Kelurahan Kotabumi, dimana dari kelompok tersebut telah memiliki salah satu produk unggulan yang telah dipasarkan secara mandiri.

“Disini kita punya beberapa produk unggulan, salah satunya adalah gegetas dengan rasa seledri dan original, yang telah dipasarkan secara mandiri oleh UMKM,” katanya.

Kedepan, lanjut Fitri, selain dapat meningkatkan perekonomian warga di Kelurahan Kotabumi, produk yang dihasilkan oleh UKM dengan kemasan yang masih dibuat secara manual tersebut dapat lebih baik lagi setelah adanya pembinaan dari PIWKU Kota Cilegon.

“Memang kemasan produknya masih manual, mudah-mudahan kedepan bisa lebih baik lagi setelah adanya pembinaan ini. Untuk pemasaran sendiri sekarang kita telah kerjasamakan dengan PIWKU, semoga hal ini bisa lebih meningkatkan perekonomian warga di Kelurahan Kotabumi,” ujarnya.

Ditemui ditempat yang sama, Lurah Kotabumi, Tafriji mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, selain dapat meningkatkan perekonomian warga, dengan adanya kerjasama dengan PIWKU Kota Cilegon tersebut diharapkan produk yang dihasilkan oleh UKM di Kelurahan Kotabumi dapat bersaing dengan produk lainnya.

“Kerjasama dengan PIWKU ini salah satu upaya kita untuk lebih meningkatkan kualitas dan produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha yang ada di UKM Kelurahan Kotabumi. Semoga dengan adanya pembinaan ini, perkembangan perekonomian warga di Kelurahan Kotabumi dapat lebih meningkat,” katanya.

Selain itu Tafriji juga mengatakan kedepan pihak Kelurahan Kotabumi akan mendorong agar salah satu program yang ada dalam Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPW-Kel) selain untuk membangun infrastruktur juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan dan peningkatan wirausaha masyarakat.

“Kedepan kita akan mencoba mendorong juga untuk memanfaatkan dana DPW-Kel untuk pembinaan dan pengembangan UKM. Supaya pelaku usaha dapat terpacu untuk lebih meningkatkan kualitas produknya,” pungkasnya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG20171010095238

Gojek Tidak Hadir, Opang Minta Pemkot Larang Gojek Beroperasi di Cilegon

IMG-20171011-WA0002

Tuntut Berikan CSR, Massa Demo PT KOS

Related posts
Your comment?
Leave a Reply