Tingkatkan Daya Saing Pengusaha, Japnas Sinergi Dengan Perbankan dan Pemerintah

1 minggu yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG-20171206-WA0030

CILEGON, BCO - Dalam persaingan global dan perekonomian yang tidak menentu seperti saat ini, para pengusaha dituntut untuk lebih meningkatkan daya saing. Untuk itu, Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) akan bersinergi dengan perbankan dan pemerintah dalam meningkatkan daya saing para pengusaha.

Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) Japnas Banten, Ade Setiawan mengatakan, kehadiran ekonomi global yang masih tidak menentu sekarang tidak akan bisa dihindari oleh para pengusahan. Untuk itu, pengusaha harus bekerja keras dan bersaing bukan saja dengan pengusaha nasional namun juga pengusaha internasional. Setiap pengusaha diwajibkan melakukan peningkatan dan penguatan kapasitasnya. Atas dasar tersebut, Japnas PW Banten akan terus melakukan sinergi dengan perbankan dan pemerintah dalam meningkatkan daya saing pengusaha.

“Kemampuan SDM harus mampu menopang sebuah perusahaan, pengusaha wajib melakukan peningkatan tersebut. Modal juga menjadi sebuah elemen penting yang harus ditingkatkan, sehingga pengusaha wajib memiliki komunikasi dan hubungan yang baik dengan perbankan dan pemerintah,” Kata Ade usai pelantikan PW Japnas Banten di Hotel The Royal Krakatau Cilegon, Rabu 6 Desember 2017.

Selain itu Ade menuturkan, dalam meningkatkan kapasitas, pengusaha juga harus mampu membangun kreatifitas dan inovasi. Sebab, jika tertinggal masalah inovasi maka produk yang diproduksi juga akan megalami penurunan dengan persaingan pasar yang juga semakin terbuka.

“Wajib melakukan langkah untuk tetap kreatif dan inovatif terhadap berbagai hal. Sebab, jika tidak maka akan juga tertinggal jauh dengan yang lain,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Japnas, Bayu Priawan Djokosoetono mengatakan para pengusaha kedepan harus mulai meningkatkan kapasitasnya. Hal itu dilakukan, agar mampu dalam persaingan global, sehingga tidak tenggelam dan mengalami kebangkrutan. Kapasitas yang harus ditingkatkan yaitu kapasitas building dengan meningkatkan modal, jaringan, kopetensi, manajemen dan kemampuan pengusaha.

“Sebuah keharusan jika pengusaha melakukan level up terhadap berbagai sumber daya yang dimiliki, baik jaringan, SDM (Sumber daya Manusia) dan berbagai sumber lainnya. Dengan begitu, maka akan memudahkan pengusaha untuk berdaya saing dengan pengusaha lain, khususnya pengusaha yang ada dalam Japnas,” kata Bayu.

Bayu juga mengatakan, peningkatan kapasitas tersebut tidak akan mampu dibangun secara sendiri. Namun, harus ada rekan sesama pengusaha dan kolega lainnya untuk saling bekerjasama dalam rangka meningkatkan kapasitas tersebut. Untuk itu, Japnas lahir dalam rangka membangun kerjasama dalam meningkatkan kapasitas building para pengusaha.

“Japnas hadir dalam rangka membangun level up seluruh pengusahan yang tergabung didalamnya. Karena untuk maju tidak mungkin bisa sendiri tetapi membutuhkan kolega untuk membantu,” ujarnya.

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi berharap, dengan tumbuhnya investasi semakin banyak pengusaha lokal yang terlibat didalamnya. Untuk itu, kapasitas dan kualitas harus ditingkatkan untuk dapat menjadi yang terdepan dalam menangkap peluang investasi.

“Kita apresiasi dengan adanya Japnas. Tapi saya pesan jangan tinggalin Cilegon sama Banten. Semua harus tumbuh dan berguna untuk masyarakat dan perusahaannya. Di Kota Cilegon investasi selalu tumbuh. Tinggal pengusahanya siap untuk bersaing, sehingga tidak hanya ikut saja. Namun, harus menjadi pengusaha yang terdepan mendapatkan pekerjaannya,” harapnya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG20171203125158

Peringati Maulid Nabi, Warga Terate Udik Wetan Adakan Dzikir dan Hiasi 27 Panjang Mulud

Related posts
Your comment?
Leave a Reply