Terkait Anggaran, Plt Walikota Berat Wujudkan Cilegon Smart City

1 minggu yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG_20180108_191843

CILEGON, BCO - Pemerintah Kota Cilegon saat ini sedang terus berupaya mewujudkan Kota Cilegon menjadi smart city, dimana smart city ini merupakan konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Namun, dalam mewujudkan Kota Cilegon sebagai smart city, Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi masih merasa berat lantaran anggaran untuk mewujudkan smart city tersebut masih sulit mendapatkan persetujuan dari DPRD Kota Cilegon.

“Bandung itu butuh anggaran sampai 40 miliar untuk mewujudkan smart city, kita (Pemkot Cilegon) baru 4 miliar saja anggota dewannya udah teriak-teriak,” kata Edi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 8 Januari 2018.

Ditemui ditempat berbeda, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi dan Statistik (DKISS) Kota Cilegon, Ahmad Jubaedi mengatakan dalam mewujudkan Kota Cilegon sebagai smart city membutuhkan berbagai macam aspek yakni terkait people (manusia), governance (pemerintahan), economy (ekonomi), living (kehidupan), mobility (mobilitas), dan environment (lingkungan). Selain itu, kerjasama diantara pihak pemerintah, swasta, dan publik adalah sebuah keharusan untuk menjamin keberhasilan smart city.

“Kan ada tahapannya ketika kita membangun smart city itu. Artinya dalam segala aspek infrastruktur, SDM, jaringan dan segala macamnya itu ya memang butuh,” katanya.

Ahmad Jubaedi juga mengatakan untuk anggaran smart city tahun 2018 ini pihak Pemkot Cilegon sedang menitik beratkan pada pembangunan command centre sebagai pusat kontrol pemerintah.

“Kita fokus anggaran yang ada untuk command centre, jadi setelah command centre itu kemudian bisa memberikan termasukan nanti perluasan untuk bagaimana area publik atau ruang terbuka hijau itu disediakan fasilitas wifi yang bisa diakses dengan gratis dan mudah oleh masyarakat, itu kan bisa didanai oleh APBD atau dikerjasamakan,” pungkasnya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG20180103125046

Bosan Dengan Menu Makan Keseharian, Coba Gurihnya Burung Puyuh

IMG-20180108-WA0026

PAD Cilegon dari Menyewakan Aset Naik 174% dari Target

Related posts
Your comment?
Leave a Reply