Sudah Sepekan, Cabai Rawit di Pasar Kranggot Bertahan di Harga Rp 120 Ribu per Kg

7 bulan yang lalu Iip Djulianto 0 respond
cabe

CILEGON, BCO – Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kota Cilegon masih terus mengalami kenaikan, seperti yang terjadi di Pasar Baru Kranggot, Kecamatan Jombang.

Di pasar tersebut, harga cabai rawit merah menembus harga Rp 120 ribu perkilogramnya. Kenaikan harga cabai itu diduga akibat cuaca ekstrim yang terjadi di sejumlah daerah produsen cabai.

Meski harga cabai naik, namun harga kebutuhan pokok lainnya diketahui mengalami penurunan, yakni pada harga bawang merah yaitu Rp 30 ribu dari harga sebelumnya Rp 32 ribu, bawang putih masih stabil Rp 36 ribu dan harga tomat turun dari Rp 7 ribu menjadi Rp 6 ribu perkilogramnya.

Ikhsan Hasibuan, Kasi Perdagangan Dalam Negeri pada Disperindagkop Cilegon, mengatakan, kenaikan harga cabai rawit merah di sejumlah pasar tradisional, dikarenakan modal penjualan atau modal dari agen mengalani kenaikan yang dipicu kondisi cuaca yang tengah ekstrem di sejumlah daerah pendistribusi cabai.

“Kenaikan ini karena cuaca buruk, jadi banyak petani yang gagal panen. Sehingga harga cabai naik untuk sementara ini,” katanya saat memantau harga di Pasar Kranggot, Senin, 9 Januari 2017.

Menurut Ikhsan, kenaikan harga cabai ini sudah terjadi sejak sepekan yang lalu. Sebelumnya harga cabai rawit merah sudah tembus di pasaran di sekitaran harga Rp 105 ribu hingga Rp 108 ribu perkilogramnya.

“Sudah hampir sepekan ini harga cabai cukup mahal,” tandasnya.

Sementara salah seorang pedagang cabai, Marni mengaku selain harga cabai cukup mahal, pasokan cabai juga mengalami penurunan.

Untuk mengantisipasi tingginya permintaan pembeli, dirinya sudah mempersiapkan pasokan yang lebih.

“Kalau lagi harga murah paling 10 kilogram saya masoknya. Tapi karena sekarang lagi susah, saya pesannya lebih jadi sekitar 20 kilogram, kalau nggak begitu saya bisa gak jual cabai,” katanya.

Menurut Marni, naiknya harga cabai rawit ini bukan hanya dikeluhkan oleh pedagang, tapi juga pembeli. Namun dirinya tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa memaklumi, terlebih cuaca dan pasokan cabai yang cukup sulit.

“Harga cabai rawit sekarang lebih mahal dari harga daging. Kalau daging sekilonya paling Rp 110 ribu, cabai sekarang Rp 120 ribu,” ujarnya. (*)

 

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
sertijab-kalapas-iii-cilegon

Pasca Penganiayaan Tahanan Hingga Tewas, Kepala Lapas Cilegon Diganti

pdam-cm

Selain Tarif Listrik & BBM, Warga Cilegon Juga Hadapi Kenaikan Tarif Air PDAM

Related posts
Your comment?
Leave a Reply