Sekda Banten Dorong Pemkot Cilegon Bangun Situ Rawa Arum

10 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG_20170214_200841

CILEGON, BCO - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten, Ranta Suharta, melakukan peninjauan di salah satu kawasan pariwisata Situ Rawa Arum yang terletak di Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, yang sampai dengan saat ini masih belum juga terealisasi menjadi sebuah kawasan wisata yang dapat dikunjungi oleh masyarakat.

“Sekarang sudah diserahkan kepada kabupaten/kota, dalam hal ini Kota Cilegon dan menurut saya proses itu cepat yah,” kata Ranta yang ditemui saat meninjau kawasan wisata Situ Rawa Arum, Selasa 14 Februari 2017.

Saat melakukan kunjungan ke Situ Rawa Arum tersebut, Ranta nampak terlihat kaget karena tidak adanya akses jalan masuk menuju Situ Rawa Arum tersebut, yang sampai saat ini masih harus melewati pool kendaraan milik salah satu perusahaan swasta.

“Kok enggak ada jalan masuk. Lebih baik dicarikan, saya tadi menyarankan ini kepada pak camat (Grogol), kepada pak Husein, agar musrembang kecamatan tadi dimasukkan ini, di masukkan ke kota, dari kota ke provinsi, insya Allah nanti akan saya bantu. Saya suruh cari nanti jalan aksesnya dari mana,” ujar Ranta.

Ranta juga menyarankan kepada pihak Pemkot Cilegon yang dalam hal ini telah menerima aset Situ Rawa Arum dari Pemprov Banten untuk segera merealisasikan Situ Rawa Arum menjadi kawasan pariwisata yang dapat dikunjungi oleh masyarakat, sehingga kedepannya dapat dikelola dengan baik dan menjadi salah satu pendapatan asli daerah (PAD) Kota Cilegon.

Selain itu, Ranta juga menyarankan kepada pihak Pemkot Cilegon untuk mengelola kawasan wisata Situ Rawa Arum tersebut dengan masyarakat setempat. Menurut Ranta, diketahui aset lahan Situ Rawa Arum yang awalnya hanya memiliki luas kurang lebih 3 hektar, kini sudah memiliki luas 12 hektar. Hal tersebut merupakan hibah yang diberikan oleh Husein Saidan selaku masyarakat di Rawa Arum yang peduli dengan kawasan wisata tersebut.

“Ya nanti kan dikelolanya oleh Pemkot (Cilegon) di kerjasamakan dengan pak Husein. Kalau pak Husein saya lihat sudah ikhlas dia dari dulu. Yang kaya gini harus dihargai, tadinya tiga hektar menjadi dua belas hektar. Jadi maksud saya gini, ini kan bisa dimanfaatkan, kan bisa ada buat PAD (Pemkot Cilegon),” tutur Ranta.

Ditemui ditempat yang sama, Husein Saidan sebagai salah satu masyarakat setempat yang peduli dengan kawasan wisata Situ Rawa Arum mengatakan, akan terus mendukung terealisasinya kawasan wisata Situ Rawa Arum, terkait dengan akses jalan masuk ke kawasan tersebut, Husein memastikan bahwa warga sekitar akan juga siap mendukung.

“Saya mungkin langkahnya tinggal mendorong, mendoakan supaya beliau-beliau (pemangku kebijakan) ini lebih respek. Saya kira jalan alternatif itu banyak, tinggal bagaimana anggaran yang ada. Saya kira masyarakat sudah mendukung, tinggal langkah pemerintah serius atau tidak untuk menggulirkan anggaran itu,” kata Husein.

“Saya selaku lembaga juga masyarakat menyampaikan sangat berterima kasih dan berbahagia juga ada perhatian khusus dari pak sekda (Provinsi Banten). Dan ini nampaknya pak sekda baru tahu dan langsung merespon, saya kira ini jalan awal dari satu tujuan untuk berbenah dan bagaimana supaya bisa untuk merealisasikan objek wisata rawa arum ini khususnya. Saya kira ini kan karena Cilegon masih bagian dari provinsi (Banten), yah apa salahnya sekarang provinsi membantu karena Cilegon kan terbatas dengan anggaran dana,” pungkasnya. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG-20170214-00357

Sekda Banten Monitoring TPS, Cek Kesiapan Pilgub

_20170215_173144

Pembanding, Panwaslu Rekam Video Data Suara Seluruh TPS

Related posts
Your comment?
Leave a Reply