Pleno KPU Banten, Rano-Embay Kalah 89.980 Suara

3 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG_20170226_234706

CILEGON, BCO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten, gelar rapat pleno rekapitulasi hasil suara pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten tingkat Provinsi Banten yang digelar di Hotel The Royale Krakatau, Kota Cilegon, Minggu 26 Februari 2017.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara dalam rapat pleno tersebut, pasangan Wahidin Halim (WH) – Andika Hazrumy memperoleh suara sebanyak 2.411.213, sedangkan pasangan Rano Karno – Embay Mulya Syarief meraih suara sebanyak 2.321.323, dengan total jumlah suara pemilih yang sah yakni 4.732.536 suara.

Dengan demikian, pasangan WH – Andika pasangan nomor urut saru dinyatakan unggul dengan selisih sebanyak 89.890 suara dari rivalnya Rano – Embay.

“Sudah disahkan dan hasil rekapnya pasangan WH unggul 2.411.213 suara,” kata Ketua KPU Provinsi Banten, Agus Supriyatna usai rapat pleno.

Kendati telah dinyatakan unggul dalam rapat pleno, namun Agus mengaku bahwa hasil tersebut bukanlah keputusan yang menetapkan kemenangan pasangan calon WH -Andika di Pilgub Banten, karena rapat pleno keputusan pemenang baru akan dilakukan setelah hasil dari Mahkamah Konstitusi (MK), untuk menunggu apakah ada gugatan atau tidak dari pasangan calon nomor urut 2, Rano – Embay.

“Untuk pemenang kami masih akan menunggu hasil keputusan MK, sementara sekarang ini hasil rekap suara saja. Kita tunggu hasil keputusan siapa pemenang Pilkada Banten jika ada gugatan ke MK, kita tunggu hasilnya,” ujar Agus.

Agus juga menjelaskan, KPU Banten saat ini fokus pada penghitungan suara saja. Karena sesuai aturan dari Mahkamah Konstitusi, ada jeda waktu 3 hari bagi calon untuk melakukan gugatan pemilihan gubernur setelah penghitungan manual. Intinya, lanjut Agus, KPU Banten masih menunggu penetapan pemenang jika ada gugatan dari masing-masing pasangan calon ke Mahkamah Konstitusi.

“Sekarang ini proses penetapan rekapitulasi penghitungan suara. Penetapan pemenangnya belum. Nanti setelah menunggu MK. Apakah ada gugatan atau tidak. Kalau ada kita menunggu surat dari MK terkait proses gugatan itu,” katanya. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG-20170224-WA0002

Mengenang Putih Abu-Abu, Alumni MA Al-Khairiyah Citangkil Akan Adakan Reuni

FB_IMG_1488194516273

Usia 5 Tahun, BCO Luncurkan Program TV Live Streaming

Related posts
Your comment?
Leave a Reply