Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Link Palas Berlangsung Meriah Namun Tetap Khidmat

7 bulan yang lalu Iip Djulianto 0 respond
Panjang Mulud

CILEGON, BCO - Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 Hijriyah yang selama satu bulan penuh dirayakan secara silih berganti oleh ummat Islam yang hampir ada di setiap lingkungan pemukiman di Kota Cilegon.

Seperti salah satunya perayaan Maulid Nabi di Link Palas Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, yang berjalan dengan khidmat dan semarak, pada Kamis, 29 Desember 2016.

Tradisi Perayaan Maulid di Link Palas tidak jauh berbeda dengan perayaan di sebagian wilayah Kota Cilegon dan wilayah Serang, yakni sehari sebelum Perayaan Maulid semua warga setempat membuat masakan yang istimewa dan berbagai seni kreasi hiasan untuk Panjang Maulid

Selanjutnya pada hari pelaksanaan Perayaan Maulid, diawali dengan ibadah dzikir yang dimulai pagi hari sampai menjelang waktu dzuhur, yang dikumandangkan oleh beberapa kelompok dzuhur. Usai shalat dzuhur, masyarakat dari mulai anak-anak hingga orang tua, tumpah ruah memeriahkan iring-iringan pawai atau karnaval Panjang Maulid.

Tradisi atau kebudayaan yang penuh nuansa Keislaman ini sudah sepatutnya dipertahankan dan dirayakan sebagai ungkapan rasa cinta kepada pembawa ajaran Islam Baginda Nabi Muhammad SAW yang berulang tahun di bulan Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Seperti diungkapkan salah satu pendzikir, Bahrul Ulum, bahwa tradisi ini sudah ada sejak zaman kakek buyutnya dahulu, dan berharap tetap dipertahankan dan dilestarikan.

“Semua warga mau dengan suka cita, karena ungkapan rasa cinta kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, dan yang kita para pedzikir lantunkan tadi pun isinya puji-pujian kepada Baginda Nabi SAW karena landasannya cinta,” kata Bahrul

Dalam pantauan BCO siang tadi, saat iring-iringan Panjang Maulid yang dimulai dari Masjid Jami’ Al- Furqon lalu berputar ke Jalan Purbaya Kavling Blok J, disambut meriah dan semarak oleh semua elemen warga. Rombongan karnaval sendiri, di barisan paling depan yakni Marching Band MTS Al-Jauharutunnaqiyyah Palas, disusul rangkaian Panjang Maulid hasil seni kreasi warga dan pengawal belakang diisi grup kendang salah satu peguron silat setempat.

Warga Link Palas yang tidak ikut serta mengarak Panjang Maulid, mereka memeriahkan dengan menyambut iring-iringan pawai dari depan rumahnya masing-masing.

Selain warga, Perayaan Maulid kali ini juga lebih semarak dengan kehadiran beberapa pejabat setempat, seperti Sekretaris Kecamatan Cilegon, Lurah Bendungan serta Ketua PCNU Kota Cilegon.

Saat ditemui disela-sela iring-iringan Panjang Maulid, Lurah Bendungan, Maman Suherman, mengaku sangat antusias dan gembira saat menyapa warga yang mengikuti karnaval.

“Kegiatan Maulid satu RW saja ramai begini panjang Maulidnya ada 7 kelompok kang, senang sekali warga antusias begini, sampe menutup warungnya demi merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW,” kata Maman kepada BCO.

Lurah Maman juga berharap agar Perayaan Maulid Nabi SAW di Palas dapat terus dilestarikan.

“Saya mendorong agar perayaan Maulid ini terus dipertahankan dan terus ditingkatkan. Selain bisa menjalin silaturahmi antar warga, Perayaan Maulid ini juga bisa mendekatkan kita kepada Allah SWT,” ujar Maman. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
baznas

1.290 Orang Pemandi Jenazah dan Marbot Masjid Dapat Dana ZIS dari Baznas Cilegon

demo-pltu

Warga yang Terkena Perluasan PLTU Suralaya Gelar Aksi Protes, Karena Harga Ganti Rugi Rendah

Related posts
Your comment?
Leave a Reply