Panwaslu Cilegon Buka Pendaftaran Anggota Panwascam, Ini Persyaratannya

3 minggu yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG20171013133935

CILEGON, BCO - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cilegon membuka pendaftaran bagi calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan dimulai dari tanggal 4 – 6 November 2017.

Ketua Panwaslu Kota Cilegon Siswandi mengatakan pendaftaran tersebut dalam rangka pembentukan panitia pengawas pemilihan umum kecamatan pada pemilihan umum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Kita membuka seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin mendaftar untuk menjadi Panwascam sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Tentunya dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan,” kata Siswandi, Senin 30 Oktober 2017.

Beberapa persyaratan calon yang harus dipenuhi sebagai berikut yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun, setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita – cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur dan adil, memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan pemilu, berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas atau sederajat, berdomisili di Wilayah Kecamatan yang bersangkutan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektrik (e-KTP), mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon, mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di Pemerintahan, dan/atau di Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah pada saat mendaftar sebagai calon, bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum apabila telah terpilih menjadi anggota Panwaslu Kecamatan, yang dibuktikan dengan surat pernyataan, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih, bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan, bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih dan
tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu.

Selain itu calon anggota Panwascam juga harus mengajukan surat pendaftaran yang ditujukan kepada ketua Pokja pembentukan Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Panwaslu Kota Cilegon dengan dilampiri foto copy Kartu Tanda Penduduk Elekterik (e-KTP) yang masih berlaku, foto copy ijazah pendidikan terkahir yang sudah disahkan/dilegalisir oleh Instansi yang berwenang, pas foto warna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 3 (Tiga) lembar, daftar riwayat hidup, surat keterangan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas.

“Untuk calon anggota Panwascam yang ingin mendaftar harus membuat surat pernyataan. Pelamar juga dapat melampirkan keterangan atau bukti yang lain yang mendukung kompetensi calon. Pendaftaran kita buka mulai tanggal 4 sampai dengan 6 November 2017, dari jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB. Formulir Pendaftaran dapat diperoleh di Sekretariat Panwaslu Kota Cilegon,” ujar Siswandi. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG-20171030-WA0011

Rapat Pembahasan JLU, Pemkot Cilegon Akan Konsultasi ke KPK dan BPK

IMG_20171031_152119

Mangkir Saat Apel Pagi, Pegawai Kecamatan Puwakarta Buat Surat Pernyataan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply