Operasi Yustisi di Jombang, 5 Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring

8 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG-20170330-WA0013

CILEGON, BCO - Kecamatan Jombang dan petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cilegon beserta personil Polisi dan TNI menggelar operasi yustisia dibeberapa tempat kost dan kontrakan yang ada di wilayah Kecamatan Jombang, Kamis 30 Maret 2017.

Dalam operasi yustisi tersebut petugas berhasil menjaring lima pasangan yang bukan suami istri tinggal dalam satu kamar kost dari bedeng Jaksa Kelurahan Jombang Wetan satu pasangan, Kontrakan di depan Komplek Bonakarta Kelurahan Masigit dua pasangan, bedeng Togar Kelurahan Jombang Wetan dua pasangan.

Kepala seksi (Kasi) Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum (Pem, Trantibum) Kecamatan Jombang, Aristiyana mengatakan, dari sekitar 120 KTP, KK dan surat keterangan yang didata, 40 di antaranya termasuk 5 pasangan yang bukan suami istri tersebut langsung dibawa ke kantor Kecamatan Jombang untuk diberikan pengarahan dan pembinaan.

“Tadi kita razia di bedeng Togar kavalink blok D, kontrakan yang ada di depan Komplek Bonakarta, kontrakan bu Nur di belakang Mayofield, dan bedeng Jaksa di Kavling. Kita menemukan lima pasangan yang tinggal satu kamar tapi bukan suami istri. Setelah didata ternyata kebanyakan statusnya masih pelajar karena belum punya KTP. Tadi kita sudah buat perjanjian dengan lima pasangan itu, kalau sampai terjaring dalam razia lagi, kita akan mengambil tindakan tegas untuk memanggil keluarga dari masing-masing,” ujar Aris saat ditemui saat melakukan pendataan dan pembinaan di Aula Kantor Kecamatan Jombang.

Karena langsung dengan pihak Pol PP kota, kata Aris, pihaknya membawa yang terjaring ke kantor kecamatan untuk diberikan pengarahan dan pembinaan.

“Dari hasil sementara ada sekitar 120 KTP, KK, dan Surat keterangan, yang kita data, ada 40 yang kita bawa karena sudah lama tinggal di Cilegon, tapi masih KTP nya luar, belum ada laporan kepada Rt/Rw setempat, dia juga belum membuat surat keterangan domisili, ijin tinggal dan lain sebagainya belum ada, jadi kami bawa KTP nya untuk didata di kantor kecamatan,” katanya.

Selain pasangan bukan suami istri tadi, pihak Kecamatan Jombang menemukan 5 orang anak di bawah umur yang tinggal dalam satu ruangan yang diduga sebagai peminta-minta, karena menurut keterangan yang didapat, Aris mengatakan, dari kontrakan yang berada di belakang Mall Cilegon tersebut ada beberapa ruangan yang diduga disediakan untuk gembel dan pengemis (gepeng) yang biasanya dalam satu ruangan ditempati oleh 9 orang anak yang masih berusia 9 sampai 12 tahun.

“Tadi di kontrakan belakang Mayofield (Mall Cilegon) itu kita temukan ada lima anak kecil yang tinggal dalam satu kamar, dari beberapa keterangan disitu ada beberapa ruangan yang memang disediakan untuk anak-anak yang suka minta-minta, dugaan kami karena ini menjelang bulan puasa jadi disediakan tempat untuk anak-anak tersebut, karena mereka bukan asli orang sini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penegakkan Perundang-undangan Satpol PP Kota Cilegon, Sofwan Maksudi mengatakan, operasi yustisi tersebut selain untuk membantu pihak kecamatan dalam pendataan penduduk juga sebagai bentuk penegakkan peraturan daerah (Perda) Kota Cilegon nomor 14 tahun 2009 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan yang merupakan kepanjangan dari Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

“Kita membantu pihak kecamatan juga dalam rangka pendataan administrasi kependudukan, terutama yang tinggal di rumah kontrakan atau kost-kostan yang tidak memiliki identitas, yang menempati memang ada beberapa yang tidak memiliki identitas, yang terkait langsung dibawa ke kantor kecamatan untuk dilakukan pendataan lebih lanjut. Kemarin di Kecamatan Grogol sudah kita lakukan juga. Kedepan akan kita tindaklanjuti terus untuk penegakkan perda sendiri termasuk K3 dan juga terkait miras,” katanya. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG-20170330-WA0006

Seleksi Pertukaran Pemuda, Dispora: Mampu Bahasa Asing dan Seni Tradisi Syarat Mutlak

IMG-20170401-WA0005

Senin Besok Adajek Mulai Ngaspal di Cilegon dan Serang

Related posts
Your comment?
Leave a Reply