MTQ Kota Cilegon, Walikota Larang Peserta ‘Cabutan’

9 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
Walikota Cilegon, Dr Tb Iman Ariyadi Foto Bersama Dengan Para Dewan Hakim MTQ ke 16 Kota Cilegon
Walikota Cilegon, Dr Tb Iman Ariyadi Foto Bersama Dengan Para Dewan Hakim MTQ ke 16 Kota Cilegon

CILEGON, BCO - Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 16 tingkat Kota Cilegon telah dilaksanakan di halaman Masjid As-Syuhada, Lingkungan BBS 3, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Selasa 28 Februari 2017 malam.

MTQ ke 16 Kota Cilegon yang mengusung tema ‘Kita Aktualisasikan Nilai-nilai Universal Al-Qur’an dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara’ ini akan memperlombakan 9 cabang perlombaan yaitu tilawah, hifdzil Qur’an, tafsir Al-Qur’an, khot Al-Qur’an, syahril Qur’an, fahmil Qur’an, qiroatul kutub, hifdzhil hadits, dan musabaqoh makalah Al-Qur’an, dengan 25 golongan perlombaan.

Perhelatan MTQ ke 16 Kota Cilegon ini akan diikuti oleh 255 orang peserta dari 8 kecamatan yang ada di Kota Cilegon dengan 80 orang dewan hakim dan 10 orang dewan pengawas yang akan memberikan penilaian kepada peserta lomba MTQ tingkat Kota Cilegon.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Dr Tb Iman Ariyadi dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan MTQ ini adalah sebagai wujud implementasi dari kecintaan terhadap kitab suci Al-Qur’an.

“Saya walikota, sangat tidak berkenan ada peserta cabutan dari luar. Ini MTQ jangan sampai gelar juara didapatkan dengan semu. Harus betul betul fair dan bertujuan mencetak generasi Qurani warga Cilegon,” ujar walikota.

Walikota juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Cilegon untuk menyukseskan perhelatan MTQ ke 16 tingkat Kota Cilegon.

“Jadi MTQ boleh sebagai ajang musabaqoh tilawatil qur’an, tetapi pembinaan, pengkajian, termasuk juga memasyarakatkan Al-Qur’an ini harus kita buat seperti apa?. Saya ingin menyampaikan bahwa peranan tokoh dan pemuka agama, semakin dituntut keberadaannya sebagai pemberi arah, juga sebagai benteng yang kokoh dalam menangkal dan menanggulangi dampak negatif dari penetrasi budaya asing yang tidak sesuai dengan agama (Islam) dan budaya kita. Oleh karena itu, Al-Qur’an harus senantiasa dibaca, dikaji, dihayati, dipahami, dan diamalkan isi kandungannya. Pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an dalam proses pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang sedang dan terus kita upayakan, merupakan kontribusi terhadap suksesnya pembangunan di Kota Cilegon,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua panitia MTQ ke 16 Kota Cilegon, yang juga merupakan Camat Cilegon, Zainal Musadad mengatakan tujuan diselenggarakannya MTQ ini adalah untuk meningkatkan minat dan bakat masyarakat Kota Cilegon menuju generasi yang qur’ani serta menjadikan masyarakat yang gemar membaca, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an.

“Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan musabaqoh tilawatil qur’an ini adalah untuk meningkatkan potensi minat dan bakat menuju generasi qur’ani yang unggul, cerdas dan berakhlakul karimah, menjadikan masyarakat yang gemar membaca, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an, serta menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama bagi masyarakat, terutama generasi muda dalam mengenal dan memahami isi kandungan Al-Qur’an,” kata Camat Cilegon ini.

Untuk tempat pelaksanaan kegiatan MTQ ke 16 tingkat Kota Cilegon ini akan tersebar di 5 kelurahan yang ada di Kecamatan Cilegon yaitu di Masjid As-Syuhada, Lingkungan BBS 3, Kelurahan Ciwaduk sebagai panggung utama, Masjid Al-Muhajirin, Kavling Blok H, Masjid Al-Ittihadiyah Lingkungan Temuputih, SMPN 2 Cilegon dan SMAN 1 Cilegon, Kavling Blok F, Kelurahan Ciwaduk, Masjid Al-Furqon, Lingkungan Palas, Kelurahan Bendungan, Masjid Al-Aziz, Lingkungan Ketileng Timur, Kelurahan Ketileng, Masjid Jami’atunnur, Lingkungan Pabuaran, Kelurahan Ciwedus, dan Pondok Pesantren Al-Bustaniyah, Lingkungan Curug Kepuh, Kelurahan Bagendung.

Hadir dalam pembukaan MTQ ke 16 tingkat Kota Cilegon, Ketua LPTQ Kota Cilegon, Sari Suryati, Ketua DPRD Kota Cilegon, Fakih Usman, Kapolres Cilegon, AKBP R Romdhon Natakusuma, Muspida Kota Cilegon lainnya, serta para pejabat di Lingkungan Pemkot Cilegon. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
FB_IMG_1488194516273

Usia 5 Tahun, BCO Luncurkan Program TV Live Streaming

IMG-20170228-WA0015

Usai MTQ, Walikota Akan Fokus ke LPTQ Soal Pembinaan Generasi Qurani

Related posts
Your comment?
Leave a Reply