Minim SDM, Disparbud Jamin Kampung Wisata Cikerai Investasi Bagi Masyarakat, Bukan Investor

4 minggu yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG20171212100628

CILEGON, BCO - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon tengah berupaya mewujudkan tempat wisata baru di Kota Cilegon, salah satunya adalah Kampung Wisata Cikerai yang berada di Kelurahan Cikerai Kecamatan Cibeber.

Kelurahan Cikerai memiliki potensi wisata yang dapat ditawarkan menjadi salah satu destinasi baru di Kota Cilegon dengan kegiatan keseharian masyarakatnya yang masih memiliki sawah dan ladang yang cukup luas, pemandangan alam yang asri serta tradisi dan budaya masyarakat yang masih cukup kental.

Namun potensi yang dimiliki Kelurahan Cikerai tersebut belum ditunjang baik oleh sumber daya manusia (SDM) yang ada di lingkungan tersebut, sehingga dalam hal ini Disparbud Kota Cilegon perlu melakukan langkah berkesinambungan untuk dapat mewujudkan hal tersebut melalui sosialisasi dan pembinaan bagi masyarakat di Kelurahan Cikerai, agar rencana untuk mewujudkan kampung wisata Cikerai bisa berjalan dan dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar.

“Cilegon ini kan minim destinasi, karena kedepannya pariwisata itu adalah industri yang akan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Secara potensi alam, di Pasir Angin, Kelurahan Cikerai ini sudah sangat mendukung sekali untuk diwujudkannya kampung wisata. Tinggal kita kemas hal-hal seperti kegiatan warga lokal sehari-hari, makanan khas, dan unsur-unsur kebudayaan yang menjadi kearifan lokal agar bisa menjadi sesuatu yang dinikmati oleh wisatawan. Hal ini tentunya perlu peran serta dari masyarakatnya itu sendiri, selain itu peran dari tokoh masyarakat juga sangat penting untuk mewujudkan Kampung Wisata Cikerai,” kata Kepala Disparbud Kota Cilegon, Tb Heri Mardiana usai acara sosialisasi pengembangan kampung wisata Kota Cilegon di Aula Kelurahan Cikerai, Selasa 12 Desember 2017.

Tb Heri juga mengungkapkan, Kampung Wisata Cikerai ini kedepannya menjadi investasi yang sangat baik bagi masyarakat di Keluraham Cikerai dan sekitarnya tanpa melibatkan adanya investor dalam pengembangan kampung wisata tersebut.

“Pendirian kampung wisata ini secara swadaya, yaitu dari masyarakat, tidak ada campur tangan investor. Kita (Disparbud) hanya memberikan dukungan dalam pembinaan dan promosi tempat wisatanya. Prinsipnya adalah dukungan dari masayarakat, karena ini akan menjadi investasi bagi masyarakat itu sendiri. Tentunya dengan terwujudnya kampung wisata, dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar dan juga pemerintahan. Untuk bisa memaksimalkan hal tersebut, faktor-faktor penunjang seperti SDM dan hal lainnya tentu harus diperhatikan. Tidak perlu mewah, yang penting kebersihan dan masyarakatnya ramah dalam menerima wisatawan, hal ini tentu bisa menjadi nilai plus untuk mempromosikan keberadaan kampung wisata,” ungkap Tb Heri.

Ditemui ditempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disparbud Kota Cilegon, Nelly Evalinda menjelaskan konsep Kampung Wisata Cikerai yang menawarkan destinasi baru di Kota Cilegon ini dalam pengelolaannya dilakukan secara mandiri oleh masyarakat tanpa ada campur tangan dari investor. Guna mengantisipasi masuknya investor dalam pengelolaan Kampung Wisata Cikerai ini, pihak Disparbud Kota Cilegon akan terus melakukan pembinaan dan komunikasi yang intensif dengan masyarakat sekitar.

“Kalau investor masuk dalam pengelolaan Desa Wisata artinya nanti yang akan menikmati adalah investor dan masyarakat hanya akan gigit jari lagi dan hanya jadi penonton. Maka dari itu dalam pengelolaannya nanti benar-benar dilakukan oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat. Sementara nanti untuk sarana dan prasarana penunjang lainnya bisa dibantu melalui stakeholder ataupun instansi terkait dalam bentuk CSR (Company Social Responsibility),” jelasnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Lingkungan Pasir Angin, Kelurahan Cikerai, Ahmad Jajuli mengungkapkan sangat mengapresiasi rencana Disparbud Kota Cilegon atas kesempatan yang diberikan untuk menjadikan Kelurahan Cikerai menjadi kampung wisata di Kota Cilegon yang artinya akan memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih kepada Dinas Pariwisata yang sudah memberikan kesempatan kepada kita. Saya mewakili masyarakat menyambut baik dan Insya Allah akan menyiapkan segala sesuatunya untuk menjadi kampung wisata. Kita mulai dengan kesadaran masyarakat, ini kita bangun dengan kesadaran masyarakatnya terlebih dahulu. Wisata ini akan kita kemas dengan yang sederhana saja terlebih dahulu. Ini kan akan menjadi investasi bagi kita masyarakat di Cikerai, artinya akan ada penambahan penghasilan. Mudah-mudahan di awal tahun 2018 ini kita sudah bisa memulainya,” ungkapnya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG20171211144017

Dukung Masyarakat Lewat Program Komunitas Kampung Hijau, PT KPSE Ikut Panen Raya KWT Kubangsari

IMG20171218095249

Pelayanan Kesehatan Korban Kekerasan Perempuan dan Anak Ditanggung Pemkot

Related posts
Your comment?
Leave a Reply