Menhub Ground Breaking Pelabuhan Warnasari, Pembangunan Ditargetkan Selesai 2019

2 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG20170830100244

CILEGON, BCO - Pemerintah Kota Cilegon telah melaksanakan peletakan batu pertama (ground breaking) Pelabuhan Warnasari yang dihadiri langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, Rabu 30 Agustus 2017.

Dari lahan seluas 450.000 m2 milik Pemkot Cilegon tersebut akan dibangun Pelabuhan Warnasari seluas 360.408 m2 yang nantinya akan digunakan untuk bongkar muat cargo, curah kering dan curah cair.

Pelabuhan Warnasari yang akan dibangun dan dikelola oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) sebagai BUMD Pemkot Cilegon, PT Bosowa Bandar Samudera, dan PT Pelindo II tersebut pada pembangunan tahap pertama akan menghabiskan dana sekitar Rp.1,5 triliyun ini ditargetkan selesai dan mulai beroperasi pada tahun 2019.

“Keunggulan dari Pelabuhan Warnasari adalah terletak di lokasi yang sangat strategis pada lintasan alur laut kepulauan Indonesia sehingga alur ini adalah alur yang sibuk dan tempat yang paling cocok untuk kita kembangkan sebagai pelabuhan umum. Lokasinya sangat dekat dengan pabrik. Kita akan mulai bangun itu mulai di Februari 2018 dan selesai di Oktober 2019, insya allah tahap satu sudah selesai dan mulai beroperasi,” kata Direktur Utama PT PCM, Zamhari Hamid.

Acara ground breaking Pelabuhan Warnasari ini dihadiri oleh jajaran Kementerian Perhubungan, Wakil Gubernur Provinsi Banten Andhika Hazrumy, Forkopimda Provinsi Banten dan Kota Cilegon, Pejabat Pemkot Cilegon, serta seluruh elemen masyarakat Kota Cilegon.

IMG20170830095950

Walikota Cilegon, Dr Tb Iman Ariyadi dalam sambutannya mengatakan Kota Cilegon yang memiliki wilayah laut ingin mengembangkan potensi laut dengan membangun Pelabuhan Warnasari agar dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Cilegon untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Cilegon.

“Karena Cilegon ini dikelilingi oleh laut, potensi laut harus bisa dikembangkan dengan sebaik-baiknya. Kita memiliki lahan seluas 45 hektar yang akan kita kerjasamakan antara pihak swasta dengan PT Pelindo II, sehingga nanti pendapatan asli daerah Kota Cilegon dapat meningkat secara signifikan dan sepenuhnya digunakan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat Kota Cilegon. Insya Allah pada tahun 2019 pelabuhan ini dapat dioperasionalkan sebaik-baiknya dan bisa menghasilkan pendapatan daerah,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menhub RI Budi Karya Sumadi sangat mengapresiasi dibangunnya Pelabuhan Warnasari yang pengelolaannya akan dikolaborasikan dengan pihak swasta,BUMN dan Pemerintah Daerah, serta diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat Kota Cilegon.

“Dibangun disuatu daerah yang sangat potensial. Kementerian perhubungan sepakat untuk mensupport ini agar secepatnya bisa produktif, bisa menghasilkan, karena kita yakin dengan pelabuhan ini akan menjadikan suatu manfaat bagi masyarakat. Ijin dari kita sendiri insya allah pada bulan Oktober atau November (2017) sudah selesai,” pungkas Budi Karya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG20170828160400

Puluhan Atlet Formi Cilegon Akan Ikuti Porprov di Pandeglang

IMG20170830143951

Mulai Perapihan Lahan, Alun-alun Cilegon Ditargetkan Rampung 2017

Related posts
Your comment?
Leave a Reply