Lurah Bendungan Cilegon Ajak Masyarakat Mengatasi Banjir Dengan Kerja Bakti

7 bulan yang lalu Iip Djulianto 0 respond
Lurah Bendungan Maman Herman meninjau kegiatan kerja bakti masyarakat saat memasang gorong-gorong / Dok
Lurah Bendungan Maman Herman meninjau kegiatan kerja bakti masyarakat saat memasang gorong-gorong / Dok

CILEGON, BCO - Banjir memang kerap kali datang saat musim penghujan tiba, begitu pula yang dialami warga di dua RW di Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon.

Terhambatnya aliran air lantaran menyempitnya aliran drainase oleh badan jalan dan bangunan membuat genangan air acap kali melanda kelurahan tersebut, padahal daerah tersebut bukanlah zona merah yang langganan banjir.

Dikatakan Lurah Bendungan Maman Suherman, banjir yang belakangan ini sering terjadi di daerahnya diakibatkan karena buangan air hujan tidak mampu dialirkan maksimal oleh drainase yang hanya 30 centimeter saja.

Selain itu tingginya beton jalan yang dibangun baru-baru ini membuat air tidak terbuang sempurna.

“Bangunan jalan juga bikin air gak ngalir jadi balik lagi ke kampung, makanya kita lebarin gorong-gorongnya,” ungkap Lurah, Senin 12 Desember 2016.

Sementara itu untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut pihak kelurahan membentuk gerakan masyarakat peduli lingkungan (MPL), menurut Maman adalah secara swadaya menyelesaikan permaslahan yang terjadi di lingkungan.

Baru-baru ini masyarakat Kelurahan Bendungan secara swadaya telah memperlebar gorong-gorong yang menjadi biang banjir di daerah tersebut. Bukan hanya memperbarui gorong-gorong untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sodetan berupa jaringan aliran baru dibuat untuk membuang air hujan.

“Kita dari hari Senin lalu telah melakukan pelebaran gorong-gorong dari 30 cm menjadi 100 cm termasuk membuat sodetan di 5 titik di RW 3 dan RW 4,” imbuhnya.

Menurutnya yang dilakukan pihak kelurahan dan warga Bendungan adalah bentuk tanggung jawab masyarakat terhadap kenyamanan lingkungan.

“Pemkot sudah menganggarkan untuk pembangunan gorong-gorong tapi baru bisa terealisasi di 2017 nanti tapi masalahnya musim hujan ini kan sudah mulai jadi inisiatif warga sebagai bentuk tanggung jawab bersama katanya,” sambung Maman.

Sementara itu warga menyambut baik kegiatan swadaya yang digerakan pihak Kelurahan Bendungan tersebut.

Menurut warga bernama Udin Samsudin, untuk program-program seperti pelebaran gorong-gorong meski sudah dianggarkan Pemerintah Kota Cilegon tapi masyarakat punya andil jika ingin realisasi solusi tersebut segera dilakukan.

“Masyarakat juga punya tanggung jawab di lingkungan tempat tinggal,kita gak bisa terus menunggu dari pemerintah kalau bisa dikerjakan oleh masyarakat kenapa tidak,” ungkap Ketua RT 15 RW 04 Link Cidunak, Senin 12 Desember 2016. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
kapal-tenggelam

Ada Kapal Tenggelam di Pantai Pulorida Merak, Jadi Tontonan Warga

Masyarakat bisa langsung melaporkan jika menemukan praktik pungli / Net

Diduga Ada Praktek Pungli, 5 Pegawai KSOP Banten Diperiksa Polda Banten

Related posts
Your comment?
Leave a Reply