KPU Cilegon, Suara Hasil Pleno Dengan di Website Berbeda

3 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG_20170222_193245

CILEGON, BCO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon telah melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat Kota Cilegon dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Banten 2017 yang dilaksanakan di Aula Sekretariat KPU Kota Cilegon, Rabu 22 Februari 2017.

Berdasarkan dari data yang dihimpun, terdapat perbedaan dari hasil sistem penghitungan suara (situng) dimana dokumen C1 hasil penghitungan perolehan suara dari masing-masing pasangan calon langsung di update ke website resmi KPU RI dengan hasil rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat kota.

Dimana dalam website resmi KPU RI (http://pilkada2017.kpu.go.id) berdasarkan situng dalam Pilgub Banten 2017 di Kota Cilegon pasangan Wahidin Halim (WH) dan Andika Hazrumi memperoleh suara sebanyak 76.480 suara, sedangkan pasangan Rano Karno dan Embay Mulya Syarief mendapatkan suara sebanyak 104.020 suara.

Sementara itu, berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi di tingkat Kota Cilegon terdapat perubahan perolehan suara dari salah satu pasangan calon, dimana pasangan WH – Andika memperoleh suara sebanyak 76.480 suara dan pasangan Rano – Embay memperoleh suara sebanyak 104.070 suara.

Ketua KPU Kota Cilegon, Fathullah yang ditemui usai rapat pleno menjelaskan perbedaan tersebut merupakan kesalahan administrasi dalam situng yang dari TPS yang telah direvisi pada rapat pleno di tingkat kecamatan, dan tidak merubah jumlah seluruh pengguna hak pilih sebanyak 191.590 pemilih di Kota Cilegon.

“Karena itu (situng) bukan data yang dijadikan dasar untuk resmi. Itu untuk pembanding saja, menjamin dan menjaga keabsahan data yang ada di tiap TPS. Yang kita jadikan dasar sebagai data resmi KPU adalah data hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan dan tingkat Kota Cilegon,” jelas Fathullah.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Panwaskada Kota Cilegon, Sehabudin mengatakan adanya perbedaan sebanyak 50 suara antara hasil situng dan rapat pleno tersebut telah diketahui oleh pihaknya dan telah di revisi sehingga dalam rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat Kota Cilegon seluruhnya telah selesai dan sesuai dengan jumlah pemilih yang ada di Kota Cilegon.

“Data sudah sama. Memang ada perbedaan jumlah, tapi itu semua sudah di revisi, jadi hasil yang kita peroleh itu sama dengan yang ada berdasarkan rapat pleno KPU hari ini,” katanya.

Hadir dalam rapat pleno tersebut Kapolres Cilegon, AKBP R Romdhon Natakusumah, Dandim 0623 Cilegon, Letkol Inf Aulia Dwi Nasrullah, Anggota KPUD Provinsi Banten, Perwakilan Kesbangpol Provinsi Banten, PPK se-Kota Cilegon, dan saksi dari kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Banten. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG-20170221-WA0011

Deklarasi, Pengurus Cabang LSM BMPP Gelar Santunan dan Sunatan Massal

IMG_20170222_204528

Asda 1 Ajak Masyarakat Ikut Sukseskan MTQ Kota Cilegon

Related posts
Your comment?
Leave a Reply