Kecamatan Jombang Jadi Proyek Percontohan Germas Dari Kemenkes

4 minggu yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG20171116090333

CILEGON, BCO - Kecamatan Jombang ditunjuk menjadi lokasi pelaksanaan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) yang merupakan proyek percontohan (pilot project) di Kota Cilegon, Kamis 16 November 2017.

Dalam kegiatan Germas yang diisi dengan senam massal dan jalan sehat yang diadakan dihalaman kantor Kecamatan Jombang tersebut, merupakan kampanye Kemenkes RI dalam mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur, memeriksakan kesehatan secara rutin, serta menjaga kebersihan lingkungan.

“Ini adalah merupakan amanat dari Inpres (Instruksi Presiden) Nomor 1 tahun 2017. Ini bukan program Kemenkes saja, tapi juga program pemerintah yang ditujukan kebeberapa kementerian, lembaga yang terkait dengan kesehatan, kemudian juga kepada gubernur, bupati dan walikota,” kata Kepala Deputi Penyebarluasan Kesehatan, Dra Tinani, M. Kes, disela kegiatan berlangsung.

Tinani juga mengatakan Germas ini merupakan program untuk meningkatkan kualitas kesehatan hidup masyarakat dimana hal ini menjadi tugas bersama dengan seluruh komponen masyarakat termasuk pemerintah daerah dan juga organisasi masyarakat disetiap daerah.

“Kami menyadari bahwa pemerintah itu sangat terbatas tenaganya, sehingga kita juga bekerjasama dengan ormas, salah satunya dalam kegiatan ini adalah Alhidayah, supaya program ini sampai kepada masyarakat, agar masyarakat menyadari bahwa pentingnya hidup ini,” tuturnya.

Kedepan, Tinani berharap masyarakat dapat menyadari akan pentingnya hidup sehat dan ikut membantu pemerintah dalam mengkampanyekan Germas.

“Sehat itu mulai dari saya. Kita berharap masyarakat bisa mengajak keluarganya, tetangganya di Rt/Rw nya itu yang kita harapkan, ini kewajiban kita bersama untuk meningkatkan prilaku hidup sehat,” ungkapnya.

Ditemui ditempat yang sama, Camat Jombang Agus Ariadi mengapresiasi dengan dijadiakannya Kecamatan Jombang sebagai pilot project di Kota Cilegon dalam rangka mengkampanyekan program Germas. Agus berharap dengan adanya program ini, masyarakat dapat membantu pemerintah dalam mengkampanyekan Germas sampai dengan ke lingkungan keluarganya.

“Kita ini mengkampanyekan Germas, jadi sehat itu di mulai dari dalam diri kita. Masyarakat harus ikut serta dalam mengkampanyekan ini sampai dengan ke semua lini,” katanya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG20171116092944

Peringati HUT ke 72, PGRI Akan Dibuatkan Gedung Sekretariat

IMG20171120100737

Kirab Pemuda Nusantara Singgah Di Kota Cilegon, 36 Pemuda Pelajari Keragaman di Kota Cilegon

Related posts
Your comment?
Leave a Reply