Jelang Penilaian Adipura, DLH Terus Lakukan Pembenahan dan Evaluasi

1 minggu yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG20171110105122

CILEGON, BCO - Jelang penilaian untuk penghargaan Adipura di Kota Cilegon, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon terus melakukan pembenahan dan evaluasi pada titik lokasi yang akan menjadi tempat penilaian.

Adipura yang merupakan sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan dari Kementerian Lingkungan Hidup, adalah salah satu penghargaan yang belum pernah diraih oleh Pemkot Cilegon.

Atas dasar tersebut, Kepala DLH Kota Cilegon Ujang Iing mengatakan pihaknya terus melakukan kordinasi dengan seluruh OPD dan instansi terkait lainnya untuk melakukan persiapan dan evaluasi di beberapa titik yang akan menjadi pusat penilaian Adipura.

“Kita sudah matangkan, kemarin sudah kita rapatkan di Pemda (Pemkota Cilegon) dengan OPD juga camat, lurah, beserta kelompok bank sampah di Kota Cilegon. Titik pantau sudah kita sampaikan baik kelemahan titik itu,
diantaranya di terminal sudah kita sampaikan ke Dinas Perhubungan, juga pasar titik pantau kita sudah sampaikan ke Disperindag,” kata Ujang Iing saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 10 November 2017.

Dari hasil evaluasi penilaian Adipura sebelumnya yang terakhir diikuti oleh Pemkot Cilegon pada tahun 2015, Ujang Iing berharap pada tahun 2017 ini dapat memberikan hasil yang maksimal.

“Penilaian Adipura ini mulai hari senin kita akan evaluasi masing-masing titik dengan tim dari DLH dibantu dengan tenaga dari kelurahan dan kecamatan. Mudah-mudahan dengan evaluasi di semua titik, adipura di 2017 mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan harapan masyarakat Kota Cilegon,” ungkapnya.

Namun dari beberapa evaluasi, masih ada titik lokasi yang dirasa masih kurang memenuhi untuk penilaian Adipura, diantaranya yaitu pasar, saluran air terbuka dan masih belum rampungnya pekerjaan gorong-gorong di jalan utama Kota Cilegon.

“Yang titik beratnya terkait dengan pasar dan sampah di saluran terbuka. Kalau untuk gorong-gorong yang belum selesai di jalan utama, kami komunikasi dengan bidang bina marga, pada saat penilaian nanti sudah tidak ada lagi tumpukan material yang akan dibangun disitu, sudah clear, sudah bersih. Kami berharap kegiatan itu tidak menghambat penilaian Adipura di tahun ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Rina Apriana mengatakan penilaian Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup tersebut telah berjalan di beberapa kota, untuk Kota Cilegon sendiri menurut Rina, dijadwalkan antara tanggal 11 – 31 November 2017.

“Untuk kita dijadwalkan antara tanggal 11-31 november ini, tapi belum ada jadwal pasti,” katanya.

Rina juga mengatakan akan ada 36 titik lokasi penilaian Adipura, diantaranya adalah pasar, TPA Bagendung, RSUD Kota Cilegon, Puskesmas, Stasiun dan Terminal.

“Sejauh ini tidak ada kendala,
evaluasi tahun sebelumnya yang disoroti kita bank sampah yang skala kota belum begitu memenuhi syarat untuk penilaian Adipura. Dari DLH yang baru ini belum punya bank sampah induk ini PR kita kedepan,” pungkasnya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG-20171110-WA0005

Sidak Kedisiplinan Pegawai Kelurahan, Sekmat Purwakarta: Revolusi Mental Pegawai Itu Yang Paling Penting

IMG_20171113_184847

Tingkatkan Kompetensi Pengawas Sekolah, Dindik Cilegon Adakan Diklat

Related posts
Your comment?
Leave a Reply