Dukung Masyarakat Lewat Program Komunitas Kampung Hijau, PT KPSE Ikut Panen Raya KWT Kubangsari

4 minggu yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG20171211144017

CILEGON, BCO - Dalam upaya mendukung kegiatan masyarakat di lingkungan sekitar dengan program Komunitas Kampung Hijau, PT Krakatau Posco (PTKP) melalui PT Krakatau Posco Social Enterprise (KPSE) telah memberikan bantuan berupa bibit sayuran, salah satunya kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Asoka Lestari, di Lingkungan Pintu Air, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan.

Usai beberapa bulan penanaman, PT KPSE yang merupakan pengelola coorporate social responsibility (CSR) PTKP grup, ikut serta dalam panen raya kedua yang dilakukan oleh KWT Asoka Lestari di Lingkungan Pintu Air Rt.01/Rw.04, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, yang dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT KPSE, Dewi Handayani, Senin 11 Desember 2017.

Dengan telah dilakukannya panen raya yang kedua ini, Dewi Handayani berharap masyarakat disekitar dapat terus semangat dalam mewujudkan Komunitas Kampung Hijau, dengan memanfaatkan lahan dan pekarangan rumahnya yang kedepannya bisa memiliki nilai ekonomi dan manfaat yang besar bagi masyarakat.

“Harapannya masyarakat itu punya semangat membangun kampungnya sendiri dan bisa memanfaatkan apa yang ada disekitarnya. Kita kan hanya bisa support disini, mudah-mudahan ini bisa berkelanjutan, dan semangat ini bisa ditularkan ke kelompok dan masyarakat sekitar yang lain. Semamgat ini harus kita pelihara
manfaatnya kita harapkan bukan hanya hari ini, tapi nanti manfaat besar kedepannya,” kata Dewi.

Dalam acara panen di KWT Asoka Lestari tersebut, Dewi berpesan kepada para ibu yang tergabung dalam kelompok tersebut agar terus semangat dalam mengembangkan setiap upaya yang telah dilakukan bersama.

“Kita harus mulai berproses, karena berapa pun yang diberikan tidak akan membesarkan kita kalau tidak kita pelihara. Kalau sudah bisa mengembangkan dan mandiri kan (hasilnya) bisa kembali ke kampung ini sendiri. Bagaimana masyarakat itu memiliki kemauan, kita pasti support, powernya itu kalau mereka memiliki kemauan dari dirinya sendiri, yang penting komunitas ini bisa berkembang untuk masyarakat disekitarnya,” tutur Dewi.

IMG20171211150608

Ketua KWT Asoka Lestari, Siti Nasaroh mengatakan sejak diterimanya bantuan berupa bibit sayur pada bulan Agustus 2017 lalu, para ibu di Lingkungan Pintu Air Rt.01/Rw.04, Kelurahn Kubangsari telah dua kali mamanen hasil sayuran yang ditanam diatas lahan yang juga merupakan milik salah seorang warga sekitar. Dimana hasilnya sendiri dapat bermanfaat bagi dan dirasakan oleh warga sekitar.

“Kelompok Wanita Tani Asoka Lestari, Kelurahan Kubangsari mengadakan panen raya, tujuannya untuk mengajak ibu-ibu supaya gemar menanam dari mulai pekarangan yang sempit bisa dijadikan lahan untuk menanam sayuran. Ini sudah dimulai sejak pertengahan Agustus 2017, dan sekarang adalah panen kedua, yang pertama bulan Oktober, hasilnya dikonsumsi masyarakat, kadang peminatnya juga pada datang kesini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial (PM dan Kesos) Kelurahan Kubangsari, Thorfatul Uyun, yang turut hadir dalam acara tersebut berharap kedepan hal serupa juga dapat diadakan di lingkungan lainnya disekitar wilayah Kelurahan Kubangsari.

“Saya memberikan apresiasi yang sangat bagus sekali kepada KPSE dan KP yang telah membina masyarakat kami untuk menggunakan lahan tidur dijadikan bermanfaat, mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut tidak hanya di Lingkungan Pintu Air saja, semoga bisa se-Kelurahan Kubangsari dapat diberikan pembinaan. Ibu-ibunya disini juga sangat luar biasa, semangat, semoga kedepannya ini dapat berkembang dengan baik,” ungkapnya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG-20171206-WA0030

Tingkatkan Daya Saing Pengusaha, Japnas Sinergi Dengan Perbankan dan Pemerintah

IMG20171212100628

Minim SDM, Disparbud Jamin Kampung Wisata Cikerai Investasi Bagi Masyarakat, Bukan Investor

Related posts
Your comment?
Leave a Reply