dr Faisal: Cegah DBD Dengan 3M Plus

12 bulan yang lalu Rama S Rachmat 0 respond
_IMG_000000_000000

CILEGON, BCO – Penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Cilegon memang belum berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB), seperti dialami oleh Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Pandeglang.

Namun berdasarkan data Dinas Kesehatan, di bulan Januari 2016, di Kota Cilegon tercatat ada sebanyak 30 penderita DBD dan 2 orang diantaranya meninggal dunia.

Menyikapi kondisi ini, tentu semua pihak dituntut aktif melakukan upaya untuk mencegah penyebaran wabah DBD ini di Kota Cilegon.

Kepala UPTD Puskesmas Pulomerak, dr Faisal mengatakan, guna antisipasi penyebaran DBD dan ancaman virus Zika, perlunya penanganan bersama -sama dengan masyarakat, dan upaya yang dilakukan harus secara serentak dan terus menerus.

“Melalui kerja bakti membersihkan lingkungan untuk mencegah penularan infeksi virus Zika dan DBD, yakni dengan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Aedes Aegypti,” kata Faisal.

Cara mengatasinya, menurut dr Faisal yakni dengan menerapkan 3 M Plus. Yaitu pertama giatkan menguras bak mandi, penampungan air yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah minimal seminggu sekali dengan menyikat dinding penampungan. Kedua, mengubur wadah kaleng bekas, ban bekas yang dapat menjadi tempat perindukan nyamuk. Ketiga, menutup wadah tempat air. Memberikan serbuk Abate untuk penampungan air yang tidak bisa dikuras sebanyak 1 sendok makan Abate untuk 100 liter air setiap 3 bulan.

“Plusnya adalah, melipat kain atau baju yang menggantung agar tidak menjadi tempat hinggap nyamuk. Menggunakan kawat nyamuk pada lubang angin rumah, dan menggunakan obat nyamuk baik oles dan semprot,” kata dr Faisal.

Dokter yang juga mantan Aktifis HMI ini menyarankan, dengan menggunakan pakaian lengan panjang serta celana panjang pada jam operasional nyamuk Aedes Aegypti, yaitu pagi jam 9.00 WIB – 11.00 WIB dan sore jam 15.00 WIB – 18.00 WIB.

“Jika kemudian nanti ada masyarakat yang menderita demam Zika atau BDB, segera laporkan ke petugas kesehatan terdekat,” kata dr Faisal. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Foto Net

Perawatan Coke Plant Krakatau Posco Bikin Masyarakat Sekitar Pabrik Khawatir

_IMG_000000_000000

MTQ Tingkat Kota Cilegon ke 15 di Kecamatan Ciwandan Pada 15 – 19 Februari 2016

Related posts

Komentar