Disnaker Sosialisasikan Tentang TKI di Kedaleman

9 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG_20170302_175430272

CILEGON, BCO - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon gelar sosialisasi tenaga kerja Indonesia ke luar negeri Disnaker Kota Cilegon bagi pencari kerja di Kelurahan Kedaleman yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Kedaleman, Kamis 2 Maret 2017.

Sosialisasi ini ditujukan langsung kepada masyarakat agar setiap masyarakat yang memiliki tujuan kerja ke luar negeri dapat memahami apa saja yang harus dipersiapkan untuk bekerja di luar negeri.

Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja (Penta) Ade R Setiana mengatakan kesempatan bekerja bagi masyarakat itu bukan hanya ada di dalam negeri saja, melainkan ada juga di luar negeri dan prosesnya sangat mudah asalkan melalui jalur resmi yang telah diketahui oleh pemerintah.

“Sasaran sosialisasi ini langsung ke masyarakat, kan lebih efektif, kita ingin lebih efektif. Ini harus di manfaatkan (oleh masyarakat), karena perusahaan di Cilegon kan padat modal, tapi (menyerap) tenaga kerjanya sedikit, itu yang harus di antisipasi sama kita, bahwa peluang kerja itu bukan hanya di dalam negeri,” kata Ade saat ditemui di sela kegiatan sosialosasi berlangsung.

Ade juga mengatakan, untuk dapat bekerja ke luar negeri sebagai TKI tidaklah sulit, asalkan melalui jalur resmi yang diketahui oleh pemerintah. Karena lanjut Ade, banyak TKI yang bermasalah itu disebabkan melalui jalur yang tidak resmi, dengan sosialisasi yang dilakukan Disnaker kali ini, diharapkan masyarakat juga dapat memanfaatkan peluang kerja yang ada di luar negeri.

“Untuk kerja di luar negeri itu ternyata mudah dan tidak sulit, yang penting melalui jalur resmi. Peluang ini harus dimanfaatkan, harus di sosialisasikan kepada masyarakat. (Kerja ke luar negeri) Ini sangat mudah, yang penting syarat, jalurnya resmi. Kebanyakan yang bermasalah itu adalah yang ilegal. Sosialisasi ini kita pengen ke semua kelurahan, tapi untuk tahun ini hanya kebeberapa kelurahan dan sekolah, terutama SMK karena sudah siap dan memiliki skil untuk ditempatkan kerja,” ujar Ade.

Kepala Seksi Luar Negeri dan Perluasan Kerja, Ridwan mengatakan, masyarakat tidak perlu takut untuk kerja ke luar negeri, karena setiap TKI yang bekerja di luar negeri sudah dilindungi oleh undang-undang nomor 39 tahun 2004 tentang tenaga kerja indonesia, selain itu setiap kepentingan TKI juga dilindungi oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

“TKI itu dilindungi oleh undang-undang nomor 39 tahun 2004 tentang tenaga kerja Indonesia. TKI juga dilindungi kepentingannya oleh BNP2TKI
yang penting semuanya itu legal dan di ketahui oleh KBRI disetiap negara yang dituju oleh para TKI,”

Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh sebanyak 65 orang masyarakat dari Kelurahan Kedaleman ini langsung dihadiri dan di buka oleh Kepala Disnaker Kota Cilegon, Bukhori. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
_IMG_000000_000000

Puskesmas Pulomerak Raih Akreditasi Utama Kementerian Kesehatan

IMG_20170302_175327824

Warga Grogol dan Pulomerak Bisa Urus Pajak di UPT Pajak Arga Baja

Related posts
Your comment?
Leave a Reply