Diduga Limbah Kimia Dibuang di Tol, Warga Purwakarta Keluhkan Bau Busuk

2 tahun yang lalu Iip Djulianto 3 responds
Ilustrasi bahan kimia.
Ilustrasi bahan kimia.

PURWAKARTA, BCO - Sudah lebih dari sepekan warga yang melintasi terowongan Tol Kaligandu, Kelurahan Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Banten, mengeluhkan adanya bau busuk yang menyengat di area tersebut. Diduga, bau menyengat yang tersebar hingga jarak 1 KM tersebut berasal dari pembuangan limbah kimia cair yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dari atas jalan Tol Jakarta-Merak yang dialirkan ke dalam parit.

Warga setempat, Sugina Sudrajat mengatakan, bau menyengat tersebut membuat tidak nyaman di sekitar rumahnya. Apalagi bau busuk tersebut tidak hilang meskipun sudah diguyur hujan deras.

“Awalnya pada pertengahan bulan puasa (Ramadhan) tercium seperti bau pur pakan ayam, tapi setelah diguyur hujan baunya malah makin menyengat,” kata lelaki yang akrab disapa Gina kepada Berita Cilegon Online (BCO), Jumat 24 Juli 2015.

Bau busuk tersebut diduduga dari cairan limbah kimia yang dibuang dari atas jalan tol Jakarta-Merak. Dikatakan Gina, salah seorang tetangganya sempat melihat aksi pembuangan cairan limbah kimia dari sebuah mobil tangki pada siang hari. Ketika hendak didatangi, orang yang membuang limbah tersebut buru-buru pergi membawa mobil tankinya.

“Di lokasi pembuangan limbah tersebut, terlihat ada banyak bekas aliran air yang masuk ke dalam parit jalan tol. Pembuangan limbah sepertinya sudah terjadi beberapa kali. Bekas aliran tersebut menyebabkan tanaman menjadi mati dan kering,” kata Gina.

Warga lainnya Subhi mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kejadian ini kepada PT MMS. Awalnya pihak pengelola jalan tol tersebut merespon dengan datang ke lokasi dan mengambil foto, namun hingga saat ini bau busuk belum bisa teratasi.

“Sebelum Lebaran sempat ada hujan besar. Rupanya cairan limbah kimia tersebut sebagian terbawa hanyut oleh air hujan. Dampaknya tanaman di sekitar menjadi mati, ikan di kolam milik Gina juga semua mati, dan air di sawah berubah menjadi hitam pekat. Tetapi bau busuk justru semakin menjadi,” kata Subhi.

Subhi berharap, bau busuk yang diduga berasal dari pembuangan cairan limbah kimia tersebut segera diselidiki oleh pihak yang berwajib. Serta pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) bisa segera merespons dengan melakukan uji bahan kimia. Dikhawatirkan bau busuk itu terus ada dan bisa mengganggu kesehatan warga sekitar.  (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Penjabat Walikota Cilegon Sutiyono berbincang dengan General Manager BCO Oji Faoji dan Redaktur Kabar Banten Yadi Jayasantika.

Hari Pertama Bertugas, Sebelum Pulang Suyitno Pamit ke Sekda Cilegon

SIDAK-PJS-WALIKOTA

Penjabat Walikota Sidak SKPD, Suyitno: Silaturahmi dan Cek Kedisiplinan Pegawai

Related posts
Leave a Reply