Diduga Ada Praktek Pungli, 5 Pegawai KSOP Banten Diperiksa Polda Banten

1 bulan yang lalu Aulia 0 respond
Masyarakat bisa langsung melaporkan jika menemukan praktik pungli / Net
Masyarakat bisa langsung melaporkan jika menemukan praktik pungli / Net

CILEGON, BCO – Lima orang pegawai Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten pada Jumat 9 Desember 2016 lalu, sempat diamankan untuk pemeriksaan oleh jajaran aparat kepolisian dari Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Banten.

Diduga, kelimanya terlibat praktek pungutan liar (Pungli) dalam pengurusan perizinan pelayaran di KSOP Banten.

Kelima pegawai KSOP Kelas I Banten tersebut yakni Kasi Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) inisial AM, Kasi Kelayakan Laut dan Kapal dengan inisial DD, dan tiga orang staff KSOP Banten lainnya.

Sementara Kepala KSOP Banten Abdul Azis, saat dikonfirmasi BCO terkait hal tersebut, mengaku bahwa kedatangan Ditkrimsus Polda Banten bukan dalam rangka Operasi Tangkap Tangan (OTT). Namun kedatangan jajaran kepolisian itu untuk menindaklanjuti adanya laporan masyarakat yang mengeluhkan dugaan pungli saat mengurus perizinan di KSOP Banten.

“Karena ada keluhan dari masyarakat kemudian didatangi oleh Polda. Jadi ini bukan OTT, kalau OTT itu penerima dan pemberi ditangkap. Ini hanya pengawasan dan pengendalian (wasdal) saja,” ujar Azis di sela – sela menerima kedatangan Menhub di Pelabuhan Merak Senin 12 Desember 2016.

Menurut Azis dari 5 orang yang diamankan Polda Banten, 4 orang diantaranya sudah dilepaskan karena tidak terbukti melakukan tindakan pungli. Sedangkan satu orang lagi pegawainya yang saat ini menempati jabatan Kasi Kelayakan Laut dan Kapal dengan inisial DD masih diperiksa secara intensif oleh pihak kepolisian.

“Empat orang sudah dilepas, karena tidak terbukti. Sedangkan inisial DD masih di periksa secara intensif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Azis menegaskan, pihaknya tidak akan segan-segan melakukan penindakan kepada pegawainya apabila terbukti melakukan pungli kepada masyarakat yang hendak mengurus perizinan di KSOP Banten.

“Yang jelas jika terbukti mereka, akan kita laporkan keatasan, bisa dimutasi atau bisa sanksi lainnya,” tegasnya.

KSOP BANTEN MENJAMIN TAK ADA PUNGLI

Azis menjamin tidak akan terjadi praktek pungli di dalam pengurusan izin di KSOP Banten. Sebab, pihaknya melakukan pengawasan secara ketat, sehingga tidak ada celah bagi pegawainya untuk melakukan praktek pungli tersebut.

“Karena kami melakukan pengawasan dan pengendalian, jangan sampai ada pelayanan yang terhambat karena ingin ini, itu. Kami selama ini sangat menjaga, misalnya orang yang tidak berkepentingan dilarang masuk,” pungkas Azis. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Lurah Bendungan Maman Herman meninjau kegiatan kerja bakti masyarakat saat memasang gorong-gorong / Dok

Lurah Bendungan Cilegon Ajak Masyarakat Mengatasi Banjir Dengan Kerja Bakti

fam-cilegon-2

Rayakan HUT ke-13, FAM Kota Cilegon Gelar Konser Amal Peduli HIV/AIDS

Related posts

Komentar