Bersih-bersih Sampah di Sungai Purwakarta, Lurah Himbau Warga Tidak Buang Sampah Ke Sungai

3 minggu yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG-20171222-WA0003

CILEGON, BCO - Pegawai Kelurahan Purwakarta bersama dengan warga di lingkungan Kelurahan Purwakarta mengadakan gotong royong untuk membersihkan tumpukan sampah yang berada di sungai yang terletak di Lingkungan Kaligandu, Rt 9, Rw 4 Kelurahan Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Jumat 22 Desember 2017.

“Kita bersama warga dibantu DPUTR dan DLH, hari ini membersihkan lingkungan terutama normalisasi sungai yang menghubungkan antara Kelurahan Purwakarta dengan Tegal Bunder, tujuannya supaya bantaran kali (sungai) yang ada di Purwakarta ini tidak lagi mengalami banjir, karena langganan tiap tahunnya ini menyebabkan banjir,” kata Plt Lurah Purwakarta Burhanudin disela kegiatan.

Burhan mengatakan untuk membersihkan tumpukan sampah di sungai yang telah mengalami pendangkalan tersebut, pihaknya meminta bantuan kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melakukan pengerukan dan normalisasi sungai agar air yang melalui sungai tersebut dapat berjalan lancar.

“Ada kesulitan karena medan yang akan dilalui oleh alat berat agak rumit. Kalau kita lihat memang kali ini banyak tumpukan sampah, selain itu juga memang sudah terjadi penyempitan, sungainya ini sudah dangkal karena lama sekali tidak pernah dilakukan pengerukan,” katanya.

Burhan juga menuturkan, pada tahun 2017 ini sudah terjadi dua kali banjir yang diakibatkan oleh meluapnya air yang melalui sungai tersebut yang menggenangi rumah warga.

“Dampak banjir yang terkena Lingkungan Kaligandu Kidul, Kaligandu Bujang Boros, dan Lingkungan Kubang Welingi, tahun ini saja sudah 2 kali banjir. Mudah-mudahan dengan adanya bersih-bersih ini dapat antisipasi kedepan supaya tidak ada banjir,” tuturnya.

Dengan dibersihkannya sampah pada sungai tersebut, Burhan menghimbau kepada warga agar tidak lagi membuang sampah rumah tangga ke sungai yang akan menimbulkan tersumbatnya aliran sungai sehingga menyebabkan banjir.

“Kami menghimbau supaya masyarakat kami di purwakarta sadar akan kebersihan, sadar untuk buang sampah pada tempatnya sehingga tidak lagi menjadikan kali untuk tempat pembuangan sampah. Saya juga menghimbau kepada warga tetangga karena saya lihat warga tetangga ini lah yang banyak membuat akibat penumpukan sampah di sungai ini,” pungkasnya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
IMG20171218095249

Pelayanan Kesehatan Korban Kekerasan Perempuan dan Anak Ditanggung Pemkot

IMG20171222165507

Apel Pergeseran Pasukan Operasi Lilin 2017, Polres Cilegon Terjunkan Sebanyak 800 Personil Gabungan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply