Bank Sampah Kelurahan Randakari – Ciwandan, Kreasikan Sampah Jadi Barang Bernilai Guna

12 bulan yang lalu Iip Djulianto 1 respond
Bank Sampah

CILEGON, BCO – Jika kita, masyarakat kebanyakan menilai sampah sebagai barang yang sudah tidak lagi terpakai, namun ternyata tidak demikian yang difikirkan oleh masyarakat Kelurahan Randakari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon ini.

Sampah bekas kemasan kopi dan plastik-plastik yang tidak bernilai guna, disulap dan dikreasikan menjadi barang yang bernilai ekonomis dan manfaat.

Lewat tangan-tangan terampil warga, dan dukungan dari Pemerintah Kota Cilegon serta program CSR industri, warga Kelurahan Randakari melalui kelompok Bank Sampah Gudang Ilmu, ternyata mampu mengubah persepsi masyarakat yang tadinya hanya memandang sampah sebagai masalah, kini sampah menjadi semua anugerah.

Berbagai kerajinan yang bernilai dibuat dari sampah, bahkan hasil karya masyarakat ini sering dipamerkan di banyak kegiatan pemerintahan dan industri sebagai produk industri kreatif masyarakat.

Direktur Bank Sampah Gudang Ilmu, yang juga penggagas Kampung Ramah Lingkungan Berkah Lestari, Kelurahan Randakari, Heri, mengungkapkan, proses membangun dan mengajak masyarakat untuk menjadikan daerahnya lebih asri sangatlah tidak mudah.

“Perlu waktu yang lama dan perjuangan, tetapi dengan keseriusan dan dukungan berbagai pihak, hasilnya sangat memuaskan,” ungkap Heri Kepada BCO, Kamis 2 Juni 2016.

Bukan hanya sekedar mendaur sampah saja, tetapi wawasan dan prilaku sadar lingkungan juga di tanamkan sebagai perilaku sehari-hari warga.

“Jika sekedar mendaur ulang sampah, mungkin daerah lain juga melakukan hal yang sama, tetapi kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan itu yang sedang kami lakukan,” tutur Heri.

Heri juga berharap gerakan masyarakat sadar kelestarian lingkungan tidak hanya dilakukan oleh warga Randakari saja.

“Saya ingin ini menjadi stimulan, sehingga bukan hanya disini atau Kecamatan Ciwandan saja, tetapi seluruh Kota Cilegon,” imbuhnya.

Sementara itu perlu dukungan dari banyak pihak, untuk mewujudkan masyarakat yang peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Hal tersebut yang kemudian mendasari PT Indocement Tunggal Prakarsa sebagai industri yang berada dekat dengan lingkungan warga itu, memberikan dorongan dan mendukung terwujudnya cita-cita masyarakat Kelurahan Randakari.

“Kami support masyarakat agar membuat program yang baik, saya tidak mau bantuan yang kami berikan hanya digunakan untuk hal-hal yang kurang berfaedah, dengan seperti ini kan bantuan yang kami berikan lebih kelihatan manfaatnya,” ujar Maman Suherman, Kepala Terminal Batu Bara PT Indocement, Cigading ini. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
GM SDM dan Umum PT KS, Agus Nizar Vidiansyah, saat peletakkan batu pertama program bedah rumah bantuan PT Krakatau Steel / DOK Rully

PT Krakatau Steel Gulirkan Program Bedah Rumah untuk Masyarakat Cilegon

PT INDOCEMENT-KRL

PT Indocement Dukung Kampung Ramah Lingkungan di Kelurahan Randakari – Ciwandan

Related posts
Leave a Reply