APKLINDO: Nilai Kontrak Usaha Cleaning Service di Banten Per Tahun Capai Rp 700 Miliar

2 bulan yang lalu Redaksi BCO 0 respond
apklindo

CILEGON, BCO – Asosiasi Pengusaha Cleaning Service Seluruh Indonesia (APKLINDO) Dewan Pengurus Provinsi Banten, resmi dikukuhkan di Restoran Bintang Laguna Cilegon Jumat 16 Desember 2016.

Sebagai wadah pengusaha-pengusaha yang bergerak dalam bidang jasa penyedia tenaga cleaning service di Provinsi Banten, APKLINDO melihat peluang yang sangat besar di Provinsi Banten ini dalam hal pengembangan usaha tersebut. Setidaknya, setiap tahun ada pembiayaan senilai Rp 700 miliar terkait kontrak kerjasama untuk kebutuhan penyedia jasa cleaning service.

Dikatakan Ketua APKLINDO DPP Banten, Adi Kurnianto, peluang pengusaha penyedia cleaning service di Provinsi Banten untuk menumbuhkembangkan usahanya sangat besar, namun kompetisi dengan vendor lain yang berasal dari luar Banten sangatlah kuat.

“Di Banten ini nilai kontrak untuk jasa cleaning service besar sekali sekitar 700 milyar rupiah setiap tahunnya, di KS saja misalnya nilai kontraknya sampai 50 milyar rupiah,” ujarnya saat sambutan dalam acara pengukuhan APKLINDO DPP Banten.

Ia menilai peluang ini masih belum dimanfaatkan seutuhnya oleh pengusaha lokal Banten.

“Di luar sana pengusaha cleaning service dari luar Provinsi Banten, berlomba-lomba mengambil peluang di Banten tapi apakah kita mau menonton saja,” ujarnya menambahkan.

Untuk menjadi perusahaan cleaning service yang profesional, masih menurut Adi, kompetensi SDM harus ditingkatkan dengan memenuhi standar yang bersertifikasi SSB.

“Lewat APKLINDO ini kami mengajak pengusaha cleaning service untuk bersatu, dan mengikut sertakan SDM yang dimilikinya dalam ATC (APKLINDO Training Centre-red), Ada pelatihan cleaning service agat mendapat sertifikasi nasional. Sehingga bisa bersaing,” imbuhnya.

Sementara diketahui organisasi APKLINDO saat ini baru ada di tingkat provinsi saja, dalam waktu dekat DPP Banten akan mendorong terbentuknya organisasi ini hingga tingkat kabupaten/kota.

“Sudah banyak pengusaha yang mau bergabung dan inshaAllah secara bertahap kita akan dorong agar APKLINDO juga ada di daerah,” tukasnya. Menyadari profesi cleaning service menjadi alternatif pekerjaan bagi masyarakat Banten, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengapresiasi langkah dibentuknya APKLINDO.

Dikatakan Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnaker Banten, Untung Suritomo, pihaknya akan membantu APKLINDO dalam hal pembuatan ijin usaha outsourching karena bidang ini termasuk dalam 5 jenis profesi yang boleh dilakukan sistem outsourching menurut Permen Nomor 12 Tahun 2012.

“Kami akan bantu mempermudah perijinan. Dan saya pastikan tidak ada Dinas Tenaga Kerja yang akan mempersulit perusahaan cleaning service Kalau ada yang minta biaya-biaya laporkan ke saya. Itu gratis,” ujarnya pada kesempatan yang sama. (*)

 

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi / Dok

Walikota Cilegon Naikkan Tunjangan PNS 100 – 125 % di Tahun 2017

Ketua IMM Banten, M Asep Rahmatullah (tengah)

Pernyataan Sikap IMM Banten Atas Tuduhan Makar oleh Kepolisian Terhadap Beni Pramula

Related posts
Your comment?
Leave a Reply