68 Tenaga Kerja Asing PT Indoferro Ciwandan Ilegal

2 tahun yang lalu Juki San 0 respond
single-thumb.jpg

CILEGON, BCO – Puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di PT Indoferro di Kecamatan Ciwandan rupanya tidak memiliki surat keterangan tempat tinggal (SKTT) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cilegon. Bisa dikatakan keberasaan TKA di Kota Cilegon tersebut berstatus ilegal.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil sidak Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) yang melakukan pemantauan terhadap sejumlah perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing) di Kota Cilegon, pada Selasa kemarin 29 Desember 2015.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cilegon Soleh menyebutkan, dari 68 TKA di PT Indoferro, 49 TKA diantaranya diakui pihak perusahaan sebagai karyawan yang merupakan tenaga kerja tetap. Sementara 19 TKA lainnya adalah tenaga kerja yang sifatnya sementara.

“Sebanyak 68 TKA itu dipastikan ilegal lantaran tidak mengantongi surat keterangan tempat tinggal yang wajib dimiliki setiap TKA,” kata Soleh.

Soleh memastikan, sebanyak 68 TKA di perusahaan ini tidak pernah mencatatkan diri apalagi mengurus SKTT.

“Terkait hal ini, pihak TIMPORA yang mengancam tidak segan-segan merekomendasikan TKA untuk dideportasi. Kami berharap perusahaan dapat segera mengurus dokumen resmi terkait izin mempekerjakan tenaga asing di wilayah Cilegon agar seluruhnya berjalan sesuai perundang-undangan,”­ tegas Soleh.

Sementara itu, Direktur PT Indoferro Suwandi, mengaku pihaknya tidak bermaksud melanggar prosedur yang ada. Untuk itu pihaknya berjanji akan segera memenuhi ketentuan dalam pengurusan dokumen TKA.

“Kita jujur sebenarnya tidak mengetahui teknis bagaimana prosedurnya, untuk TKA kita sudah kantongi keterangan izin tinggal KITAS, melapor kepada imigrasi dan Polda. Memang kita akui kita tidak buat SKTT, secepatnya akan kami urus,” jelas Suwandi. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
prev-next.jpg

Hendak ke Surabaya, Anak Asal Cilegon Kebingungan Malah Sampai di Mojokerto

prev-next.jpg

“Terompet Al-quran” Juga Ditemukan di Cilegon

Related posts
Your comment?
Leave a Reply