Mau Tahu Strategi Jitu untuk Promosikan Suatu Produk? Baca Ini …

5 bulan yang lalu Redaksi BCO 0 respond
Ilustrasi jualan online / net
Ilustrasi jualan online / net

CILEGON, BCO - Promosi produk adalah salah satu ujung tombak omset di bisnis, perdagangan, maupun perusahaan. Dari kelas kecil-kecilan, menengah, sampai partai besar. Tidak ada namanya penjualan, jika tidak ada promosinya, meskipun promosi itu sendiri tidak berjalan efektif.

Para pengusaha online berbagai cara untuk mempromosikan produknya, dari yang berbayar, sampai yang gratisan. Terlebih lagi pengusaha kelas kakap, khusus untak dana promosinya tak tanggung-tanggung, malah ada perusahaaan biaya promosinya lebih besar dibandingkan keuntungannya.

Kalau ada budget besar, itu tidak masalah, namun bagaimana jika kita punya bisnis dengan budget yang kecil, namun kita ingin tetap bisa bersaing di dunia bisnis online yang membludak ini?

Para pebisnis pemula terkadang mengira, jualan di media sosial itu mudah. Dan ketika dicoba berpromosi setiap hari, produk yang dijual tak kunjung laku. Padahal, penjual lainnya dengan menjual produk yang sama bisa laris manis. Ada apa ini? Di mana salahnya?

Jika Anda benar-benar pemula berjualan di media sosial, dan sudah mencobanya namun tak juga laku, jangan patah semangat dulu! Tenang! Mungkin ada yang salah cara promosi Anda. Harus ingat, calon pembeli di media sosial itu sifatnya tidak mudah percaya. Tanamkan dulu kepercayaan pada calon pembeli.

Bagaimana cara menanamkan kepercayaan tersebut? Itu gampang, namun butuh proses. Harus sabar dan konsiten berjualan di online ini.

Anda yang saat ini berjualan, namun tak juga laku-laku, silahkan dulu jawab pertanyaan berikut:

1. Apakah Anda sendiri sudah memakai produk yang dijual?

2. Sejauh mana Anda mengenal produk tersebut?

3. Apakah Anda sendiri puas dengan produknya?

Jika jawabannya seperti ini:

1. Belum memakai produknya

2. Tidak terlalu mengenal, apalagi paham produk yang dijual.

3. Bagaimana puas, saya sendiri belum memakainya.

Jadi wajar, produk yang Anda jual tidak laku! Sungguh sulit menjual barang, jika kita sendiri belum pernah memakainya, belum paham betul produknya, dan tidak bisa menilai puas atau tidaknya produk tersebut.

Sebelum menjual pada orang lain, maka pakailah dulu produknya, pahami dengan baik-baik produk itu, agar bisa menjelaskan segala pertanyaan calon pembeli. Jika sudah memakainya, dan produk yang Anda jual memang sangat memuaskan barulah berpromosi dengan cara jitu.

 

Bagaimana berpromosi dengan baik, benar, dan jitu di media sosial?

Seperti yang sudah disinggung di atas, komitmen untuk berpromosi secara terus menerus. Seperti iklan di televisi! Tiada putus-putusnya iklan yang tayang di setia jeda acara televisi. Anda pun berpromosi di media sosial seperti itu.

Anda juga harus menggunakan promosi langsung dan promosi secara tak langsung. Promosi secara langsung adalah menawarkan produk di media sosial Anda dengan foto atau video dengan caption yang lengkap mengenai produk tersebut. Mulai dari bahan produk, sampai harganya.

Promosi secara tak langsung adalah seperti Anda menuliskan status di media sosial, hanya saja mengaitkan produk yang dijual. Mengerti maksudnya? Jika tidak, contohnya seperti ini:

“Meskipun hujan badai tetap semangat mengirim barang. Terimakasih kawan-kawan yang sudah memesan (nama barang yang Anda jual). Semoga senang memakainya, dan ditunggu orderan berikutnya.”

Sekilas status tersebut tampak seperti curhat biasa di akun media sosial, namun bagi seorang pebisnis yang handal, ini adalah salah satu strategi promosi jitu. Ingat! Setiap nama produk yang Anda jual tertulis di status adalah bagian promosi. Begitu juga saat Anda berbicara pada siapa saja, setiap mengucapkan nama produk yang Anda jual adalah promosi, baik langsung maupun secara tak langsung.

Toh, kalau juga belum greget penjualannya, mulailah mempromosikan produk secara khusus kepada calon pembeli dengan cara mengirim pesan. Sapalah dulu calon pembeli dengan sopan, ada baiknya pula berbasa-basi terlebih dahulu bagi yang belum terlalu mengenalnya, namun kalau langsung mempromosikan produk juga tidak masalah bagi yang sudah kenal.

Cara berjualan dengan mengirim pesan secara privat ini sangat jitu, Apalagi jika poin-poin di atas sudah Anda terapkan terlebih dahulu.

Nah, kalau berhasil, sedikit pamer di media sosial tidak masalah, mulai dari foto testimoni,sampai foto pengriman barang. Ini juga dua startegi jitu berjualan di media sosial. Semakin banyak testimoni dan foto-foto pengiriman barang maka semakin bagus. Hebohkan saja akun media sosial Anda dengan segala produk yang dijual.

Meski Anda sudah mulai menjelma menjadi pebisnis online, namun tetaplah seperti teman-teman Anda yang bukan pebisnis dengan berhubungan kepada siapa saja, yang tak memulu membahas penjualan produk. Sesekali Anda juga boleh curhat pribadi, tapi yang positif! Biar Anda juga dikenal sebagai pebisnis yang sama juga seperti netizen lainnya. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Sumber: Asmarainjogja.id

 

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Puluhan santri dan para ustadz menghadiri acara dzikir dan doa bersama di momentum pergantian tahun baru  / Dok

Malam Pergantian Tahun, Rumah Makan BOEMI 295 Gelar Dzikir & Doa Bersama

Lumba-lumba jenis hidung botol ini yang mati terdampar di Pantai Sukaresmi / Net

Lumba-lumba Hidung Botol Ditemukan Mati Terdampar di Pantai Sukaresmi – Pandeglang

Related posts
Your comment?
Leave a Reply