Luas TNUK dan Sejumlah Hutan Lindung Berkurang dalam Raperda RTRW Banten Terbaru

11 bulan yang lalu Iip Djulianto 3 responds
TNUK

SERANG, BCO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, mempertanyakan hilangnya sebagian luas Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), saat pandangan umum Raperda Perubahan Perda No 2 Tahun 2011 tentang RT-RW Banten 2010 – 2030, Senin 20 Juni 2016 kemarin.

Selain menjadi poin sorotan Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), hilangnya luas lahan kawasan konservasi tersebut juga jadi pusat perhatian pimpinan di DPRD Banten.

Gerindra menilai ada perbedaan angka yang signifikan dalam Perda Banten Nomor 2 Tahun 2011 dalam pasal 45 ayat 3 yang menyebutkan luasan TNUK mencapai 78.619 hektar, sementara dalam rencana Perda Perubahan luasanya menyusut hingga 61.357,46 hektar saja, dengan begitu ada selisih hingga 17.261,54 hektar luas TNUK yang hilang.

“Kemana sisanya? Mohon penjelasan dari Gubernur,” ujar juru bicara Partai Gerindra, Ade Awaludin saat membacakan pandangan umum fraksi-fraksi menanggapi Raperda RTRW Banten.

Bukan saja luasan kawasan TNUK yang mengalami pengurangan, Partai Gerindra juga menyoroti hilangnya luasan hutan lindung di Banten, hingga hanya menyisakan 9.804,47 hektar dari luasan yang tercantum sebelumnya dalam Pasal 42 Perda No.2/2011 yakni 20.646 hektar. Selain itu juga berkurangnya luas Taman Hutan Raya Banten dari 3.026 hektar menjadi 1.595,90 hektar yang dimuat dalam pasal 45 ayat 4.

Masih dalam pasal yang sama pada ayat 5 huruf B, luasan Taman Wisata Alam Carita seluas 95 hektar bahkan dihilangkan.

Bukan hanya Gerindra yang mempertanyakan hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, Ade Rossi Chaerunnisa juga mempertanyakan kemana hilangnya sejumlah lahan konservasi tersebut.

“Mudah-mudahan ini hanya kesalahan perhitungan saja,” kata Isteri Andika Hazrumi tersebut, kemarin. (*)

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
PERDA RTRW

Gerindra: Tata Ruang Wilayah Banten Harus Menjaga Kelestarian Lingkungan

PERDA RTRW

Ini Poin-Poin pada Raperda RTRW Banten yang Jadi Sorotan Fraksi Gerindra

Related posts
Leave a Reply