Buka Pendaftaran Caleg, PSI Kedepankan Calon Wakil Rakyat Anti Korupsi dan Intoleransi

2 bulan yang lalu Zainal Takin 0 respond
IMG20170929152909

SERANG, BCO - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mulai membuka pendaftaran untuk calon legislatif untuk duduk di kursi DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Se-Indonesia, kendati masih dalam proses tahapan verifikasi partai politik peserta pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), PSI mengaku telah siap dalam semua tahap proses verifikasi dari mulai DPC, DPD, DPW sampai DPP.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Provinsi Banten, Budi Hartono dalam jumpa pers di Basecamp PSI Banten di Komplek Ruko Citra Land Kota Serang, Jum’at 29 September 2017, mengatakan, dalam proses penjaringan bakal calon legislatif secara terbuka tersebut, PSI akan menjalankan beberapa proses tahapan dan uji kompetensi bagi bakal calon legislatif hingga didapatkan calon legislatif yang akan ditetapkan sebagai calon legilatif dari PSI pada bulan Maret 2018 mendatang.

“PSI sudah menyiapkan pembukaan dan pendaftaran bagi para calon legislatif dari ekstsrnal, penjaringan caleg ini akan melalui beberapa tahapan yang sudah disiapkan. Kami juga sudah menyiapkan tim juri independen yang akan melakukan penilain seleksi bakal calon legislatif eksternal dari Partai Solidaritas Indonesia di Provinsi Banten,” kata Budi.

Dengan adanya seleksi melalui tim seleksi dengan juri independen tersebut, lanjut Budi, diharapkan dapat menjaring bakal calon wakil rakyat yang bersih, anti korupsi dan anti intoleransi sesuai dengan visi dan misi PSI.

“Kami telah membuka pendaftaran dan penjaringan calon dari mulai tanggal 27 Agustus sampai dengan 27 Oktober 2017. Formulir bisa didapatkan secara online atau datang langsung ke Basecamp PSI Banten. Adapun tahapan pelaksanaan proses perekrutan calon legislatif tersebut yaitu mulai tahapan administrasi, tahapan uji kompetensi dan uji publik. Kami ingin melahirkan wakil rakyat yang anti korupsi dan anti intoleransi sesuai dengan visi misi partai.” ujarnya.

Dalam penjaringan caleg tersebut, PSI menggandeng juri independen yanh merupakan tokoh lokal Banten seperti DR. Abdul Malik yang merupakan akademisi di Banten, Atih Ardiansyah yang merupakan seorang penulis dan komunikolog politik, serta Yuni Aryani yang merupakan bendahar DPW PSI Banten dan sekretaris IPEMI Kota Serang.

“Tim juri independen ini yang nanti akan melakukan tahap seleksi untum menjaring caleg yang bersih dengan mengedepankan anti korupsi dan anti intoleransi di Indonesia. Nanti bakal calon legislatif yang telah lolos dalam penjaringan tersebut akan di uji oleh para juri untuk memberikan tanggapan salah satunya bagaimana penanggulangan terhadap korupsi khususnya di Banten,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPP PSI, Isyana Tubagoes Oka yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, PSI sebagai partai politik baru adalah partai yang membawa DNA kebajikan dan keberagaman. PSI berpijak pada kesadaran bahwa politik sejatinya adalah hal yang baik.

“PSI hadir bersama dengan semua yang baru, ide baru, gagasan baru, cara baru, orang baru dan mesin (poltik) yang baru. Tentu tidak mudah untuk menjalankan hal yang baru, namun kami yakin dengan mengedepankan anti korupsi dan anti intoleransi, PSI dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,” tuturnya.

Isyana juga mengungkapkan, sampai dengan saat ini, sudah ada 500 orang yang mendaftar secara online untuk menjadi bakal calon legislatif dari PSI. Jumlah tersebut, belum termasuk dengan yang mendaftar langsung ke Basecamp DPW atau DPD PSI yang ada diseluruh Indonesia.

“Dengan menggandeng juri independent ini, bakal menjaring calon yang lebih berbeda. Kami tidak memiliki hak veto, orang yang terpilih adalah orang yang akan menjalankan visi misi PSI kedepannya. Yang penting yang kami kedepankan adalah sikap anti korupsi dan intoleransi yang merupakan sikap yang berlawanan dengan PSI.

PSI juga lanjut Isyana, akan membuat semacam sistem informasi publik untuk laporan masyarakat jika ada calon yang mendaftar ke PSI memiliki track record yang kurang baik yang tentu saja berlawanan dengan visi misi partai.

“Tidak akan menjadi calon dari PSI jika orang tersebut mempunyai tracj recrd yang kurang baik, walaupun figurnya berpengaruh. Hal ini ingin di ubah oleh PSI. Untuk pendaftaran dan pencalonan legislatif di PSI tidak dikenakan biaya apapun. Kami akan mengumpulkan dana bersama untuk kampanye kedepannya, melakukan penggalangan dana untuk dana kampanye, sehingga semua berbentuk transparan, kami juga ingin memberikan pendidikan politik untuk seluruh masyarakat,” pungkasnya. []

Don't miss the stories followPortal Berita Cilegon No.1 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam acara Bakti Sosial dan Bazar pada Rangkaian HUT TNI yang ke 72 di Pelabuhan Indahkiat Kecamatan Pulomerak, Kamis 28 September 2017.

Panglima TNI : Kota Cilegon Lokasi Strategis Untuk Demonstrasi Alutsista HUT ke 72 TNI

IMG_20170929_224946

HUT TNI Kembali Digelar Di Banten, Ini Kata Panglima

Related posts
Your comment?
Leave a Reply